Salin Artikel

Cadangan Gas Alam Baru Ditemukan di Lepas Pantai Aceh, Bisa Hasilkan 27 Juta Kaki Kubik Tiap Hari

Cadangan gas alam itu ditemukan di Sumur Timpan-1 yang dibor sejak sejak Mei hingga Juli 2022 hingga kedalaman 4.245 kaki.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan, berdasarkan pengujian, sumur itu mengalirkan gas sebesar 27 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 1.884 barel kondensat per hari (BCPD).

“Saat ini Premier Oil Andaman Ltd segera melakukan studi evaluasi post drill untuk menentukan langkah eksplorasi dan pengembangan selanjutnya dalam usaha mengkomersialisasikan penemuan ini di lepas pantai cekungan Sumatera Utara,” kata Rikky dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/7/2022).

Sedangkan Pertamina Hulu Rokan Zona 1 saat ini masih dalam tahap pengeboran dengan jarak 120 kilometer dari lepas pantai Lhokseumawe yang diperkirakan akan selesai pada akhir Agustus 2022.

“Mereka (Pertamina Hulu Rokan) sejak 14 Juni 2022 mengebor dengan menggunakan Rig Essar Wildcat dengan kedalaman 4.120 kaki di bawah permukaan air,” terangnya.

Dia menyebutkan, SKK Sumbagut terus mengawal pengeboran agar lancar dan tanpa kendala berarti.

Berikutnya Repsol Andaman akan melakukan pengeboran di Sumur Rencong-1X di bawah kewenangan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).

https://regional.kompas.com/read/2022/07/17/064124678/cadangan-gas-alam-baru-ditemukan-di-lepas-pantai-aceh-bisa-hasilkan-27-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke