Salin Artikel

Habiskan Uang Kurban Rp 75 Juta untuk "Game Online", Pria di Bengkulu Dipolisikan, Ini Kisahnya

KOMPAS.com - Sebanyak 35 orang jemaah Masjid An-Nur, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, gagal berkurban.

Para jemaah ditipu oleh pria berinisial So (45). Uang kurban Rp 75 juta yang diserahkan kepada pelaku, ternyata justru dipakai So untuk game online.

Peristiwa ini bermula dari bendahara Masjid An Nur, Mursito, memesan hewan kurban sebanyak lima ekor sapi kepada pelaku, Rabu (25/6/2022). Total pemesanannya Rp 75 juta.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu Selatan Iptu Fajri Ameli Putra Chaniago mengatakan, dalam perjanjian antara panitia kurban dengan So, lima ekor sapi tersebut sudah ada 10 hari sebelum Idul Adha.

Pada Kamis (30/6/2022), Mursito menghubungi So. Namun, ponsel So tidak aktif.

Mursito kembali mengecek ke penangkaran So. Waktu itu, So tidak ada di tempat. Ditambah lagi, lima ekor sapi yang dijanjikan tidak ada di penangkaran.

Pelaku juga tidak menghubungi atau menemui korban dan uang yang disetorkan juga belum dikembalikan. Akibatnya, korban mengalami kerugian sebesar Rp 75 juta.

Kasus ini lantas dilaporkan ke polisi.

Mursito menjelaskan, ini bukan pertama kalinya panitia memesan sapi kepada So. Tahun sebelumnya, Masjid An Nur juga membeli sapi kepada So, sehingga membuat percaya panitia.

"Saya ini sudah puluhan tahun jadi panitia pemotongan hewan kurban, tiap tahun saya pasti jadi panitia," ujarnya, dikutip dari Tribunnews.

"Baru kali ini kena tipu, jadi beban moril atau mental saya," ucapnya.

Setelah sempat buron, So akhirnya menyerahkan diri. Dia diantar oleh keluarganya pada Selasa (12/7/2022).

"Untuk terduga pelaku sudah kita amankan, datang dibawa keluarganya setelah dihubungi pihak keluarga agar menyerahkan diri," ujarnya, Kamis (14/7/2022).

Fajri menuturkan, berdasarkan pengakuan So kepada polisi, uang dari warga yang seharunya dibelikan hewan kurban, dihabiskan untuk game online.

"Untuk terduga pelaku sudah kita tetapkan tersangka dan sudah dilakukan penahanan di Polres Bengkulu Selatan," ucapnya.

Di samping itu, terang Fajri, So sudah menyerahkan empat dari lima sapi yang dipesan jemaah Masjid An Nur. Adapun satu sapi lagi dijanjikan datang dalam enam bulan mendatang.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bengkulu, Firmansyah | Editor: Reni Susanti, Teuku Muhammad Valdy Arief), Tribunnews.com

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/110000878/habiskan-uang-kurban-rp-75-juta-untuk-game-online-pria-di-bengkulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke