Salin Artikel

Menyoal Kontroversi Zulhas Bagi-bagi Minyakita di Kampanye Anaknya, Klaim Sebagai Acara Partai

Minyakita adalah minyak goreng murah yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan. Sebenarnya warga yang datang ke PANsar bisa membeli 2 liter minyak goreng seharga Rp 10.000.

Belakangan minyak goreng tersebut dibagikan secara gratis.

Selain membagikan Minyakita, Zulhas juga meminta warga memilih putrinya, Futri Zulfa Savitri.

Hal tersebut disampaikan di tengah sambutannya. Futri merupakan pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1.

Zulhas meminta ibu-ibu tak membayar minyak goreng murah Rp 10.000 per 2 liter karena sudah dibayar oleh Futri.

Sebagai gantinya, ia meminta ibu-ibu memilih Futri sebagai calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1.

“Sudah bawa uangnya (untuk beli minyak goreng)? Uangnya enggak usah, dikantongi aja. Rp 10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh (pasar murah) ginian 2 bulan sekali,” jelas Zulkifli disambut tawa hadirin.

Jokowi minta Mendag fokus kerja

Terkait hal tersebut, dalam keterangannya, Jokowi meminta Zulkifli Hasan fokus bekerja menurunkan harga minyak goreng curah sebagaimana target yang diberikannya.

"Ya saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Mendag yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14.000 atau di bawah Rp14.000," ujar Jokowi usai memberikan bantuan sosial kepada pedagang dan warga di Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

"Paling penting itu, tugas dari saya itu," lanjutnya memberikan penekanan.

Menurut Jokowi, kunjungan Mendag ke pasar sedianya dalam rangka mengecek harga pangan. Dia pun mencontohkan apa yang dilakukannya sendiri saat berkunjung ke pasar.

"Saya pun sama, mengecek minyak goreng. Utamanya ini yang kita cek itu minyak curah lho ya. Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium. Yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp 14.000 atau di bawahnya," jelasnya.

"Kalau yang saya datangi pasar-pasar sudah di angka Rp 14.000. Kalau di luar Jawa ada di atas Rp14.000 ya satu persatu kita selesaikan," lanjut presiden.

Jokowi memberikan penekanan bahwa menteri-menteri yang tugasnya berkaitan dengan pangan dan energi harus lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi sama pangan. Itu penting, jadi saya urus terus urusan BBM. Berkaitan dengan energi, batu bara semuanya karena dunia terdisrubsi di energi dan pangan," jelas Jokowi.

"Jadi konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," tambahnya.

Mendag Zulhas menyatakan bagi-bagi Minyakita gratis bukan saat dirinya bertugas sebagai Menteri Perdagangan namun saat menjadi Ketua Umum Partai PAN.

"Kemarin itu hari Sabtu, kan acaranya jelas. Bukan baru di partai politik, saya kan Ketua Umum partai duluan jadi menterinya belakangan. Sudah bertahun-tahun ada PANsar murah, makanya di Sabtu hari libur," ujar Mendag Zulhas saat konferensi pers dan sosialisasi Indonesia Retail Summit, Kamis (14/7/2022).

Zulhas menjelaskan sebenarnya kegiatan itu adalah hal biasa yang sudah dilakukan.

Ia mengatakan dalam berpolitik dan menjadi menteri pasti ada pro dan kontra.

"Cuma ada satu yang nyelonong kan, itu biasa jadi menteri ada yang pro dan kontra politik juga. Saya harus membatasi diri diminta teman-teman untuk membaca pidato yang sudah tertulis," ungkap dia.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra.

Ia menilai tidak ada yang salah dari kegiatan itu karena Zulkifli datang sebagai ketua partai bukan menteri.

"Salahnya di mana? Itu hal yang wajarlah," kata Irham saat dihubungi, Senin (11/7/2022) malam.

"Konteksnya saat itu memang acara partai, buka acara menteri," sebut Irham.

Irham juga menambahkan, segala persiapan dan fasilitas acara bertajuk PANsar itu tidak menggunakan fasilitas negara.

"Itu memang acara partai, dan banyak kader yang datang," kata Irham.

Terkait Zulkifli Hasan mempromosikan putrinya, Futri Zulya Hasan kepada masyarakat, Irham menganggap hal itu wajar karena ketua umum ikut mempromosikan bakal calon legislatif dari partai ke masyarakat.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Fika Nurul Ulya, Dian Erika Nugraheny, Elsa Catriana, Tri Purna Jaya | Editor : Diamanty Meiliana, Aprillia Ika, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/085000478/menyoal-kontroversi-zulhas-bagi-bagi-minyakita-di-kampanye-anaknya-klaim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke