Salin Artikel

Air Situ Ciburuy Bandung Berwarna Hitam dan Bau Tak Sedap, Warga: Ikan Sapu-sapu yang Kuat Saja Mati

KOMPAS.com - Situ Ciburuy adalah danau yang terletak di wilayah Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Danau buatan ini bukan hanya objek wisata bagi warga yang tinggal di sekitarnya, tetapi juga sumber kehidupan yang tak tergantikan.

Akan tetapi, sumber kehidupan itu kini tercemar yang diduga akibat limbah pabrik yang beroperasi di sekitar danau.

Akibatnya, air Situ Ciburuy berubah warna menjadi hitam pekat dan bau tak sedap menguar menusuk hidung masyarakat di sekelilingnya.

Udin, Ketua RW 14, Desa Ciburuy, mengungkapkan bahwa perubahan warna air dan munculnya bau tak sedap dari arah danau telah berlangsung sejak lima hari yang lalu.

"Ada 4 RW yang merasakan langsung bau tak sedapnya. Rumah saya saja ini yang berada kurang lebih 100 meter dari Situ Ciburuy baunya masih tercium," kata Udin, dikutip dari TribunJabar.id, Kamis (14/7/2022).

Setidaknya, ada empat RW di sekitar Situ Ciburuy yang terdampak pencemaran air danau tersebut, yakni RW 7, 8, 13, dan 14. Kenyamanan warga dari keempat RW itu pun terganggu akibat kondisi yang terjadi.

Tak hanya itu, limbah di air Situ Ciburuy juga membunuh ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Menurut Udin, banyak ikan mati dan mengambang di permukaan air.

"Kemarin ada ikan Nila yang pada mabuk, bahkan ikan sapu-sapu yang terkenal kuat pada mati mengambang. Ikan yang mati itu cukup banyak juga, ada dua karung," ujarnya.

Udin menuturkan, pencemaran air Situ Ciburuy jelas merusak lingkungan dan merugikan warga. Pasalnya, banyak warga beternak ikan di tepian danau dengan cara membuat kolam-kolam kecil.

"Saya juga memanfaatkan air di Situ Ciburuy ini untuk ternak lele, sekarang masih di sana, khawatir juga pada mati, rencana mau dipindahin dulu bikin kolam dadakan," keluh Udin.

Udin meyakini, limbah yang mengotori air Situ Ciburuy bukan berasal dari aktivitas rumah tangga, melainkan dari kegiatan pabrik yang berdiri di wilayah sekitar danau.

Meski begitu, Udin enggan memastikan, sebab sampai saat ini belum ada penelitian terhadap kondisi air Situ Ciburuy.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/14/164428678/air-situ-ciburuy-bandung-berwarna-hitam-dan-bau-tak-sedap-warga-ikan-sapu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke