Salin Artikel

Pemda Nunukan Badal Haji 2 anggota TNI yang Gugur Saat Bantu Suplai Air Bersih sebagai Penghormatan

Dua prajurit yang dibadal hajikan adalah Prada Budi Nur Cholis dan Pratu David Akbar Hosein. Mereka merupakan anggota Satuan Tugas Pengaman Perbatasan Indonesia–Malaysia, Yonif Raider 600/Modang.

Asisten Bagian Tata Pemerintahan dan Kesra Pemkab Nunukan, Muhammad Amin mengatakan, ada rentang waktu dua tahun sejak peristiwa maut yang menewaskan kedua prajurit TNI AD itu terjadi.

"Pemerintah baru bisa menunaikan janjinya pada 2022, karena pemberangkatan haji di-cancel selama dua tahun akibat pandemi Covid-19," ujarnya, Rabu (13/7/2022).

Badal haji untuk dua prajurit tersebut menjadi sebuah belasungkawa dan apresiasi bagi keduanya, karena telah membantu kelancaran pelaksanaan MTQ di perbatasan Indonesia–Malaysia.

Jasa keduanya tentu menjadi utang budi yang harus dibayar, sehingga Pemerintah Daerah Nunukan berkomitmen memberikan apresiasi dan penghormatan dengan badal haji.

"Pelaksanaan badal hajinya, dititipkan kepada ketua kloter pemberangkatan haji Nunukan. ditunjuklah dua orang badal dari Saudi, mereka yang mewakili keduanya melaksanakan ibadah haji, dan pahalanya dikirim untuk kedua TNI yang gugur," jelasnya.

Pelaksanaaannya juga bersamaan dengan musim haji. Selesai ibadah haji dilakukan, otoritas setempat mengeluarkan sertifikat sebagai bukti badal haji telah ditunaikan.

Amin menambahkan, nantinya, sertifikat badal haji akan dikirim ke alamat masing-masing almarhum.

Untuk Prada Budi Nurcholis, dikirim ke Surabaya Jawa Timur. Sementara bagi Pratu David Akbar Hosein, dikirim ke Padang Sumatera Barat.

"Semoga mabrur, dan pahalanya menjadi berkah bagi kedua TNI yang gugur tersebut," kata Amin.

Pratu David dan Prada Budi tewas dalam kecelakaan lalu lintas ketika mengirim air bersih untuk kebutuhan kafilah MTQ di Pulau Sebatik.

Truk tangki pengangkut air bersih yang dikendarai personel Satgas Pamtas itu diduga hilang kendali, hingga mengalami kecelakaan tunggal di tanjakan Jalan Garuda Perkasa, Desa Seberang, Kecamatan Sebatik Utara, Selasa (25/2/2020), sekitar pukul 15.30 WITA.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/13/112448578/pemda-nunukan-badal-haji-2-anggota-tni-yang-gugur-saat-bantu-suplai-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke