Salin Artikel

Korban Bencana di Maluku Tengah Minta Bantuan, Bupati: Kita Bantu Sesuai Kewenangan

Menurut Abua, Pemkab Maluku Tengah akan membantu warga terdampak bencana sesuai kemampuan keuangan daerah.

“Tentu kita akan membantu sesuai kewenangan kita seperti yang telah kita lakukan saat bencana sebelumnya. Kita juga harus melihat kemampuan keuangan daerah,” kata Abua kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Selasa (12/7/2022).

Banjir dan longsor melanda sejumlah kecamatan di Maluku Tengah selama sepekan terakhir.

Di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, banyak rumah warga yang terendam banjir selama berhari-hari hingga memaksa ratusan warga mengungsi.

Ada juga tiga rumah warga yang rusak tertimpa longsor di Desa Negeri Lima. Sedangkan di Desa Hila, sebuah pesantren rusak diterjang longsor.

Menurut Abua, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah telah turun ke sejumlah lokasi bencana untuk mendata kerusakan akibat banjir dan longsor.

“Tim dari bencana (BPBD) sudah turun ke lapangan nanti setelah itu kita akan membantu merehab rumah-rumah warga yang rusak, kita akan sesuaikan dengan kebutuhan anggaran daerah,” ungkapnya.

Adapun untuk fasilitas umum seperti jalan maupun jembatan yang mengalami kerusakan akan ditangani balai jalan dan balai sungai. Sebab itu bukan kewenangan Pemkab Maluku Tengah.

“Kita juga sudah koordinasi dengan pemprov Maluku dan pihak balai jadi yang bukan kewenangan kita akan ditangani langsung oleh instansi terkait,” ujarnya.

Abua menambahkan, bencana banjir dan longsor di Maluku Tengah telah dilaporkan ke pemrintah pusat, tetapi belum ada tanggapan.

“Jadi sekali lagi kita akan membantu tapi sesuai kemampuan keungan daerah,” katanya.

Sebelumnya, korban banjir dan tanah longsor di kecamatan Leihitu mengeluhkan tidak adanya penanganan tanggap darurat dari Pemkab Maluku Tengah.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/12/203642578/korban-bencana-di-maluku-tengah-minta-bantuan-bupati-kita-bantu-sesuai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke