Salin Artikel

Sejumlah Wisatawan Batalkan "Trip" ke Labuan Bajo Imbas Wacana Kenaikan Harga Tiket TN Komodo

Pemerintah diketahui berencana menaikkan harga tiket masuk ke TN Komodo Rp 3,75 juta mulai 1 Agustus mendatang. 

"Ada satu perusahaan agen travel yang telah melaporkan, ada lima grup yang mau trip ke Labuan Bajo pada Agustus mendatang tetapi memilih pindah ke destinasi lain, di luar Labuan Bajo," ungkap Don saat dihubungi, Kamis (7/7/2022) siang.

Don menuturkan, wacana kenaikan harga tiket masuk TN Komodo itu memang ditentang semua organisasi pariwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya. 

Sejumlah tamu yang telah memesan paket wisata di Labuan Bajo pun membatalkannya. 

"Walaupun kita belum dapat informasi resmi, tetapi wacana ini sudah beredar di media massa. Kita sudah screenshot. Tamu kami yang sudah mau booking paket wisata ke sini, sudah ada yang batal," ucapnya.

Don berencana mengirim surat penolakan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana (KLHK) dan Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terkait rencana kenaikan harga tiket tersebut.

Ia dengan tegas menolak karena pariwisata Labuan Bajo saat ini baru mulai pulih dan belum normal akibat pandemi Covid-19. 

"Kami masih rasa lapar. Tiba-tiba datang dengan isu besar. Isu ini saya rasa sebuah skenario menghancurkan pelaku pariwisata lokal," katanya.

Ia menyebut, di Labuan Bajo terdapat beragam hotel dan biro perjalanan dengan banyak pekerja. 

Jika kenaikan harga tiket itu jadi diterapkan, Don khawatir akan menghambat peluang kerja bagi warga lokal di dunia pariwisata. 

"Wacana atau isu ini, dengan tegas lagi kami tolak," ujarnya.

Don tak menampik bahwa perlu adanya rencana konservasi di TN Komodo. Namun, menurutnya, hal itu perlu dilakukan secara bertahap.

"Kebijakan apapun tolong duduk bersama, apa dampak positif dan negatif. Kalau persentase positifnya lebih tinggi, ya putuskan, sehingga penting untuk sosialisasi. Kami tidak sedang melawan negara," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/07/132947078/sejumlah-wisatawan-batalkan-trip-ke-labuan-bajo-imbas-wacana-kenaikan-harga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke