Salin Artikel

Hujan Lebat Picu Banjir dan Longsor di Ambon, Rumah Warga Rusak dan Terendam

Beberapa lokasi yang diterjang banjir yakni Desa Nania, Waiheru, Batu Merah, Hunuth, Kate-Kate, Durian Patah, dan Ahuru.

Akibatnya, puluhan rumah warga di tempat tersebut terendam.

Selain menerjang kawasan permukiman warga, banjir juga terjadi di sejumlah jalan utama di Ambon seperti jalan Jenderal Sudirman, Halong.

Kemudian Jalan Sultan Hasanudin, kawasan MCM Ambon, kawasan Passo dan beberapa tempat lainnya. Akibatnya arus lalu lintas menjadi terganggu.

“Banjir terjadi di beberapa lokasi dan menyebabkan sejumlah rumah warga tergenang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paays kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Selain banjir, hujan deras juga menyebabkan terjadinya tanah longsor di beberapa kawasan seperti di Kelurahan Amantelu, Batu Merah, dan di kawasan Batu Meja.

“Kalau longsor itu terjadi di Amantelu, Batu Merah Dalam kemudian di Batu Mejah, itu informasi yang kami dapat,” ujarnya.

“Longsor di Kelurahan Amantelu RT 003 RW 03 itu ada batu besar yang terguling menimpa rumah warga hingga tiga unit rumah warga rusak,” ujarnya.

Tak hanya itu hujan lebat juga menyebabkan jalan di kawasan Wailela amblas dan nyaris terputus.

Tim dari BPBD, kata Demmy, telah dikerahkan untuk memantau dan mendata titik bencana di Ambon, termasuk dampak dari bencana.

“Tim dari BPBD bersama Damkar telah turun ke titik-titik bencana untuk melakukan pendataan dan penanganan,” katanya.

Hingga Selasa (5/7/2022) siang hujan lebat masih terus mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/112855878/hujan-lebat-picu-banjir-dan-longsor-di-ambon-rumah-warga-rusak-dan-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke