Salin Artikel

Gibran Ucap Belasungkawa, Kenang Pertemuan Terakhir dengan Tjahjo Kumolo

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenang sosok sederhana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Gibran mengaku mengenal Tjahjo sejak dirinya belum berkecimpung di dunia politik. Bahkan, sempat kaget melihat secara langsung Tjahjo yang rendah hati.

"Sebelum masuk politik itu pernah beberapa kali ketemu di warung soto biasa mencampur dengan yang lain. (humble) iya, kaget lihat menteri di warung soto, beliau sering dan senang jajan," kata Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jumat (1/7/2022).

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, terakhir bertemu Tjahjo pada 23 Mei 2022.

"Di musrenbang, pertemuan terakhir dengan beliau. Ngobrolin banyak misalnya kasih arahan masalah tenaga kerja honorer. Tahun depan bagaimana, sudah, sudah simulasikan, anggarannya, terakhir itu (pesannya)," urainya.

Gibran mengagumi sosok Tjahjo Kumolo karena karier politiknya yang cemerlang.

"Pak Tjahjo luar biasa mulai karir dari nol. Tapi kalau pas saya masuk (PDI-P), sudah nggak di partai. Patut jadi contoh kebijakan-kebijakannya," jelasnya.

"Saya (kagum) kebijakan yang terakhir ini tenaga honorer ini sangat-sangat mengubah dinamika yang ada di lingkungan Pemkot," katanya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Kemudian disemayamkan di Rumah Dinas Menteri PAN-RB Jalan Widya Chandra IV No. 22 Jakarta Selatan.

Selanjutnya, jenazah Tjahjo dishalatkan di Masjid Quba Kantor Kementerian PANRB Jalan Jend. Sudirman Kav. 69 Kebayoran Baru Jaksel dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Turut berduka cita dan turut belasungkawa, semoga pihak keluarga diberi ketabahan," ucap Gibran. 

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/170159278/gibran-ucap-belasungkawa-kenang-pertemuan-terakhir-dengan-tjahjo-kumolo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke