Salin Artikel

Bupati Aceh Tamiang: Agar Aman PMK, Periksakan Hewan Kurban ke Posko Kecamatan

ACEH TAMIANG, KOMPAS.com – Bupati Aceh Tamiang, Mursil, mengintruksikan panitia kurban dan pedagang daging meugang, memeriksakan kesehatan hewan yang disembelih sepekan sebelum Idul Adha. 

Idul Adha sendiri diperkirakan jatuh pada 10 Juli 2022.

Mursil mengungkapkan, Pemkab Aceh Tamiang telah mendirikan posko pemeriksaan kesehatan hewan di seluruh kecamatan.

“Kita sudah keluarkan edaran ke seluruh desa. Ini sesuai arahan dan Menteri Pertanian RI tentang Pencegahan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) dalam menyambut Idul Adha 2022," ujar dia dalam rilisnya, Kamis (30/6/2022).

Ia menjelaskan, hewan kurban dan meugang akan diisolasi selama sepekan sebelum hari pelaksanaan.

Tim dokter hewan nantinya akan memeriksa sebelum dan sesudah disembelih. Tujuannya untuk memastikan kesehatan daging yang dikonsumsi warga.

Masyarakat, sambung dia, bisa menghubungi koordinator posko terdekat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan.

Yakni Posko Karang Baru, drh Rosmita Sari dengan nomor kontak 085361607576, Posko Seruway, drh Irwansyah dengan nomor 085261347707, Posko Bandar Pusaka, drh Nasiruddin dengan nomor 081360774796, Posko Tamiang Hulu, drh Orizal Putra dengan nomor 085276065441.

“Hubungi koordinator posko, nanti tim koordinator akan menentukan siapa yang bertugas menangani hewan ternak itu. Harus dikantongi sertifikat kesehatan hewan, barulah dibagikan daging kurban atau daging meugang untuk dijual,” beber Bupati.

Dia berharap, masyarakat mematuhi aturan itu, sehingga kesehatan hewan ternak bisa dijaga dan memutus rantai penyebaran PMK di Aceh Tamiang.

“Kami harap pro aktif peternak dan masyarakat. Agar Aceh Tamiang segera keluar dari penyakit PMK ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, meugang merupakan tradisi makan daging di Aceh sehari sebelum hari besar Islam seperti Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/152535878/bupati-aceh-tamiang-agar-aman-pmk-periksakan-hewan-kurban-ke-posko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke