Salin Artikel

Polisi Dalami Kemungkinan Ada Tersangka Baru Khilafatul Muslimin Wilayah Jawa Tengah di Klaten

Kelompok Khilafatul Muslimin Jawa Tengah memiliki kantor pusat di Dusun Gading Sawahan RT 001, RW 006, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten.

"Sampai sekarang tersangkanya masih dua. Ini masih kita dalami sesuai peran masing-masing," kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Klaten, Iptu Eko Pujiyanto di Mapolres Klaten, Jawa Tengah, Rabu (22/6/2022).

Dua orang yang telah ditetapkan tersangka adalah IM sebagai pimpinan Khilafatul Muslimin Wilayah Jawa Tengah, dan SW sebagai pimpinan Ummul Quro Klaten atau ketua cabang Khilafatul Muslimin Klaten.

Eko menambahkan pihaknya juga telah memeriksa sebanyak tujuh orang saksi. Mereka antara lain, warga yang melapor, saksi ahli agama, dan pengurus Khilafatul Muslimin.

"Sementara hari ini kita baru mengembang ahli bahasa. Keterangan saksi-saksi itu untuk memperkuat fakta bahwa adanya tindak pidana," terang Eko.

Kelompok Khilafatul Muslimin Wilayah Jawa Tengah beroperasi sejak tahun 2009 dengan membawahi Wilayah Soloraya, Kabupaten Kudus dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selama sekitar 13 tahun beroperasi, mereka sudah berhasil merekrut sebanyak 500 pengikut di seluruh Jawa Tengah.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Klaten, AKP Guruh Bagus Eddy Suryana mengatakan, penetapan tersangka dua pengurus Khilafatul Muslimin karena terbukti membuat struktur organisasi khilafah yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila.

Kelompok ini juga telah menyebarkan selebaran maklumat dan nasihat serta imbauan diduga memuat berita bohong yang belum pasti yang menyebabkan keonaran di Wilayah Klaten.

"Kami sudah melaksanakan kegiatan penggeledahan rumah, dan juga kantor di mana di sana terdapat barang-barang yang bisa dikatakan membuat struktur organisasi khilafah," kata Guruh.

"Dan kami pun sudah melakukan penyelidikan dan pendalaman di situ terdapat pamflet struktur organisasi mulai dari NII, JI dan juga struktural secara keseluruhan. Karena yang kami amankan ketua amir Jawa Tengah," sambungnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/22/144628578/polisi-dalami-kemungkinan-ada-tersangka-baru-khilafatul-muslimin-wilayah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke