Salin Artikel

3 Warga Bima Ditangkap Densus 88, 2 di Antaranya Disebut Eks Napi Teroris

Ternyata, dua di antara tiga terduga teroris itu merupakan eks narapidana kasus teroris.

Kedua eks narapidana terorisme berinisial S (33) dan A (31) itu keluar dari penjara pada 2020. Sehari-hari, S menjalankan bisnis jual beli motor bekas, sementara A beternak ayam dan kambing.

Sementara, warga lainnya, M, berprofesi sebagai produsen tahu dan tempe. M baru pertama kali ditangkap polisi.

"Kalau dua orang itu kan memang pernah ditangkap dulunya. Namanya S, pulang dari Poso terus ditangkap, kemudian A juga pernah ditangkap. Dua orang ini keluar dua tahun lalu," kata Ketua RT 03 Kelurahan Penatoi, Darussalam saat dikonfirmasi, Senin (20/9/2022).

Darussalam mengaku, tidak mengetahui jelas apakah penangkapan tiga orang ini berkaitan dengan adanya rencana aksi terorisme atau tidak.

Menurut keterangan penyidik di Polres Bima, lanjut Darussalam, hal itu masih dalam proses penyelidikan. 

"Tadi saya juga tanyakan ke penyidik, ini masih dalam proses. Rupanya mereka ini (Densus 88) lama mantaunya dan itu akan dibuktikan dipersidangan katanya," ujar Darussalam.

Sejumlah barang disita dari rumah pelaku

Darussalam menyaksikan proses penggeledahan rumah ketiga terduga teroris tersebut. Menurutnya, tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menyita sejumlah barang, seperti flashdisk, buku catatan, dan ponsel.

"Yang dikembalikan itu yang tidak terkait, ada jam tangan, ada duit, BPKB, STNK, itu dikembalikan semua tadi, yang disimpan itu hanya HP, flashdisk, dan buku," jelasnya.

Darussalam pun menjadi saksi saat proses penggeledahan tersebut.

"Tadi selesai beri keterangan BAP. Selesai tadi sore sebelum Magrib, mereka (3 orang terduga teroris) katanya sudah dibawa semalam ke Mataram," kata Darussalam.


Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap tiga terduga teroris di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (19/6/2022).

Ketiga orang itu berinisial S, A dan M, masing-masing warga Kota Bima, NTB. Mereka ditangkap di lokasi yang berbeda mulai sekitar pukul 9.00 wita-11.00 wita.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) NTB, Kombes Pol Artanto membenarkan penangkapan tiga terduga teroris di Kota Bima tersebut.

"Benar telah dilakukan penangkapan terhadap yang diduga pelaku teroris sejumlah 3 orang inisial S, A dan M oleh tim Densus 88," kata Artanto.

Ketiga orang yang diduga anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) itu dibawa ke Mabes Polri untuk diperiksa.

"Berlokasi di Kota Bima dan telah dibawa untuk dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Artanto belum bisa memberi penjelasan secara detail terkait data tiga terduga teroris tersebut. Alasannya, Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri saat ini masih melakukan penyelidikan di lapangan.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/20/201320478/3-warga-bima-ditangkap-densus-88-2-di-antaranya-disebut-eks-napi-teroris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke