Salin Artikel

Gibran Sebut Persiapan Solo Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games XI Sudah Matang, tapi...

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa persiapan Solo sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games XI sudah matang.

Baik persiapan venue, penginapan dan lain sebagainya.

Hal tersebut disampaikan Gibran seusai rapat koordinasi penyelenggaraan Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2022 bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Minggu (19/6/2022) malam.

"Ini tadi sudah kami paparkan ke Pak Menteri (Zainudin Amali) ini persiapan sudah sangat matang. Dari venue, hotel dan lain-lain sudah kami siapkan semua," kata Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi itu berharap penyelenggaran ASEAN Para Games XI di Solo bisa berjalan dengan lancar.

"Untuk opening, closing ceremony juga sudah kami siapkan semuanya. Karena hari ini semua item-item sudah di-approve oleh Pak Menteri harapannya minggu depan kami akan gencarkan lagi untuk publikasinya," terang dia.

Gibran menuturkan, masih ada sedikit pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan terkait aksesibilitas venue.

Pihaknya menargetkan sebelum ASEAN Para Games XI dihelat sudah rampung.

"Dan untuk PR-PR kecil harus kami monitor adalah renovasi-renovasi kecil di beberapa venue. Tapi, saya yakin ini semua akan selesai sebelum 15 Juli 2022," terang Gibran.


Menpora Zainudin Amali menambahkan, sudah mendapat laporan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui Sekretaris Daerah Jateng dan pengurus National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mendukung penuh pelaksanaan ASEAN Para Games XI di Solo.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi tersebut disimpulkan bahwa persiapan ASEAN Para Games XI di Solo sudah siap.

"Kami dapat menyimpulkan bahwa persiapan sudah berjalan. Kami harapkan bisa sukses. Sukses yang kami harapkan adalah sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, juga sukses administrasi. Karena Mas Wali Kota menyampaikan bahwa kita selesaikan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya dan tidak ada masalah yang muncul di belakang hari," kata Zainudin.

Zainudin juga menambahkan penyelenggaraan ASEAN Para Games XI diharapkan dapat meningkatkan sektor perekonomian di wilayah Solo dan sekitarnya.

"Karena para peserta yang akan datang kami harapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Solo dan sekitarnya," ungkap Zainudin.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/19/231802978/gibran-sebut-persiapan-solo-jadi-tuan-rumah-asean-para-games-xi-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke