Salin Artikel

Ganjar Puji Gibran Bawa Produk UMKM dan Kebudayaan Solo ke Paris

SOLO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan apresiasi kepada bupati dan wali kota yang memiliki kreativitas dalam upaya mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas.

Hal tersebut salah satunya disampaikan Ganjar kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Beberapa hari lalu, putra sulung Presiden Jokowi mengantarkan peserta UMKM dan kesenian Solo, Jawa Tengah, untuk mengikuti pameran bergengsi di Le BHV Marais, Paris, Prancis.

"Saya terima kasih kreativitas teman-teman, bupati/wali kota mendorong ini (UMKM naik kelas)," kata Ganjar, dalam talkshow “Peran UMKM dalam Membangun Kemandirian Ekonomi melalui Transformasi Digital” rangkaian Bulan Bung Karno yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan Kompas dan didukung Bank Jateng di Ballroom Gedung Ki Hadjar Dewantara UNS Jalan Ir Sutami No 36A Kentingan, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (15/6/2022).

Produk UMKM dan kebudayaan Solo yang tampilkan dalam pameran di Paris mendapat sambutan luar biasa warga setempat.

"Saya lihat kemarin videonya Mas Gibran di Paris itu orang merinding. Jadi, kolaborasi antara Pemkot kemudian UKM, seniman di tempat terbuka dan wow efeknya dahsyat. Ini contoh saja proses kreatif yang bisa (ditiru)," terang Ganjar.

"Jadi, nanti tinggal barangnya diketahui, dikenal, dan akan dibeli. Dia membeli di mana sudah tahu marketplace-nya banyak, desainnya bisa diperbaiki, dan seterusnya-seterusnya ini tidak pernah selesai membranding dan ekonomi kreatif ini akan muncul," sambung dia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi jumlah UKM tercatat ada sebanyak 64,19 juta.

Kontribusi UMK terhadap PDB mencapai 61,7 persen atau senilai kurang lebih sekitar Rp 8,5 triliun di tahun 2021.

"Kalau itu ya angka segitu menurut saya masih terlalu kecil dari Rp 8,5 triliun berarti. Kontribusi ini tentu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada dan dapat menghimpun sampai dengan 60,4 persen dari total investasi," terang Ganjar.


Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, pameran UMKM dan budaya di Paris, Prancis menjadi momentum untuk membangkitkan ekonomi Solo.

Hal tersebut disampaikan Gibran dalam konferensi pers pembukaan pameran UMKM dan budaya bertajuk 'Java in Paris' yang disiarkan dalam YouTube GibranTV pada Kamis (9/6/2022).

Menurut Gibran pandemi Covid-19 yang berlangsung sekitar dua tahun membuat pelaku UMKM di Solo terpukul.

"Ini adalah momentum yang sangat baik. Selama pandemi banyak UMKM kita yang benar-benar terpukul, ini momen yang baik sekali, momen untuk bangkit, momen untuk meloncat lebih tinggi lagi," kata Gibran.

Pameran UMKM dan budaya yang diselenggarakan selama sebulan penuh di Paris, Prancis, dapat menampilan produk terbaik dari Solo dan sekitarnya.

Dalam pembukaan tersebut, kata Gibran, pihaknya menampilkan keanekaragaman budaya Solo seperti tarian, gamelan. Kebudayaan itu semua disaksikan warga Paris dan sekitarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/15/230355178/ganjar-puji-gibran-bawa-produk-umkm-dan-kebudayaan-solo-ke-paris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke