Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Pengakuan Pria yang Nikahi Domba | Ridwan Kamil Unggah Foto Bersama Eril

KOMPAS.com - Berita seorang pria di Gresik, Jawa Timur, menikahi seekor domba menjadi perhatian publik.

Setelah pernikahan itu viral di media sosial, Saiful Arif (44), pria yang menikahi domba tersebut meminta maaf dan mengaku bertobat.

Ungkapan rasa bersalah dan tobat tersebut dilakukan setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik bersama organisasi masyarakat (ormas) Islam sepakat menyatakan, pernikahan itu merupakan penistaan terhadap agama.

Sebab, dinilai sesat dan menyimpang dari ajaran agama.

Sementara itu, jelang kepulangan jenazah anaknya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) ke Tanah Air, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat membagikan foto kebersamaannya dengan anak sulungnya itu.

Dalam unggahan di Instagram Story Ridwan Kamil pada Sabtu, Eril dan ayahnya sama-sama mengenakan jas berwarna biru.

Baca populer nusantara selengkapnya:

Saiful, pria yang menikahi domba mengaku video yang beredar luas di media sosial hanya sebuah konten.

Saiful mengatakan, pernikahan yang dilakukannya dengan seekor domba itu dilakukan tanpa latihan.

"Langsung, tidak pakai latihan. Disuruh nikah seperti sungguhan, disaksikan banyak orang dengan mahar Rp 22.000," kata Saiful, di hadapan awak media di aula MUI Gresik, Kamis (9/6/2022).

Setelah video itu viral, Saiful pun meminta maaf dan bertobat atas video nyeleneh yang dibuatnya.

Ungkapan rasa bersalah dan tobat tersebut dilakukan setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik bersama organisasi masyarakat (ormas) Islam sepakat menyatakan, pernikahan itu merupakan penistaan terhadap agama.

Sebab, dinilai sesat dan menyimpang dari ajaran agama.

"Saya menyatakan bertobat dan meminta maaf atas peran sebagai pengantin lelaki, saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, atas kejadian tersebut," ujarnya.

 

Menjelang pemakaman putranya tercinta Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak henti-hentinya ungkapkan doa dan kenangan yang mengharukan di akun Instagramnya, @ridwankamil.

Dalam unggahan di Instagram Story Ridwan Kamil pada Sabtu, Eril dan ayahnya sama-sama mengenakan jas berwarna biru.

Keduanya juga tampak memakai topi fedora dan kacamata.
Di foto tersebut, Ridwan Kamil menuliskan selarik kalimat tentang kepulangan jenazah Eril ke Indonesia.

“Si anak sholeh ganteng ini akhirnya kembali pulang. Alhamdulillah,” ujarnya.

 

Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur, pada Minggu (12/6/2022), pukul 06.55 WIB.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun, masyarakat diminta untuk waspada gempa susulan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa tersebut akibat deformasi batuan di Lempeng Indo-Australia.

"Jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Jawa di Zona Benioff," katanya dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Minggu (12/6/2022).

 

Adik kandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mewakili keluarga besarnya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah banyak membantu keluarganya selama proses pencarian hingga pemulangan jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Bukan hanya kepada presiden, ucapan terima kasih juga disampaikan Elpi kepada sampaikan kepada Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Swiss dan Liechtenstein serta semua pihak yang terlibat dalam repatriasi jenazah Eril hingga tiba di tanah air.
"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Presiden Joko Widodo yang telah membantu keluarga selama masa pencarian dan seluruh prosesnya sehingga kami bisa sampai di sini, dan kepada Kementerian Luar Negeri, KBRI di Swiss," kata Elpi saat memberikan keterangan resmi di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (12/6/2022) sore.

 

Sejumlah pelajar dari beberapa sekolah di Kota dan Kabupaten Bandung akan berdiri di sis jalan mengiringi proses pemakaman putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, pada Senin (13/6/2022) siang.

Eril akan dimakamkan di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, gerakan tersebut merupakan aspirasi dari forum siswa, organisasi dan komunitas pelajar yang ingin memberi penghormatan terakhir untuk Eril.

"Jadi, ada aspirasi dari komunitas pelajar maupun organisasi. Mereka akan memberikan penghormatan, mendoakan dan salawat kepada jenazah ananda Eril di sepanjang rute perjalanan menuju makam," ujar Dedi Supandi, pada Minggu (12/6/2022).

Dedi pun mengimbau para siswa dan siswi tetap tertib ketika menyambut jenazah Eril.

"Mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi, mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah," kata dia.

 

Sumber: KOMPAS.com (Penulis: Dendi Ramdhani | Editor : Michael Hangga Wismabrata, Reza Kurniawan, Khairina, Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2022/06/13/060000378/-populer-nusantara-pengakuan-pria-yang-nikahi-domba-ridwan-kamil-unggah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke