Salin Artikel

Gunakan Tombak Saat Beraksi, Sindikat Pencuri Ternak di Keerom Jual Daging Sapi secara Kiloan

Mereka ditangkap pada waktu dan lokasi yang berbeda-beda di wilayah Kabupaten Keerom.

Enam tersangka pencurian ternak sapi yang ditangkap berinisial AZS, ER, N, SK, BK dan AS.

Kapolres Keerom, AKBP Christian Air menjelaskan, hasil keterangan yang dihimpun Timsus Polres Jayapura, enam tersangka ini mencuri hewan ternak sapi dan menjualnya di wilayah Kota Jayapura.

“Dari hasil pemeriksaan enam orang tersangka ini mengakui bahwa mereka mencuri ternak sapi yang dimiliki oleh warga di daerah Kabupaten Keerom dan menjualnya di wilayah Kota Jayapura,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (07/06/2022).

Enam tersangka mengakui bahwa ternak sapi yang dicuri tidak dijual seutuhnya, tetapi dijual dengan harga per kilo kepada seorang pedagang yang ada di Kota Jayapura.

“Enam tersangka ini menjual ternak sapi yang dicuri ini dengan harga Rp 89.000 per kilogram kepada seorang pedagang di wilayah Kota Jayapura,” ujarnya.


Christian menyatakan, enam tersangka memiliki cara bervariasi saat mengeksekusi sapi yang menjadi incaran, yaitu dengan cara menaikan ke mobil bak terbuka.

“Ada juga cara mengeksekusi sapi dengan cara menombak menggunakan tombak hingga sapi yang dicuri mati,” ujarnya.

Setelah ternak yang dicuri mati, tersangka akan memotong sapi di tempat untuk mengambil dagingnya dan menyisahkan organ sapi di lokasi lainnya.

Akibat perbuatannya, keenam pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 1e dan 4e Jo Pasal 56 KUHP dengan ancaman kurungan penjara selama tujuh tahun.

“Atas perbuatan dari 6 tersangka, maka mereka diancam dengan pidana 7 tahun penjara,” jelas Christian.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/07/130715278/gunakan-tombak-saat-beraksi-sindikat-pencuri-ternak-di-keerom-jual-daging

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke