Salin Artikel

Anak Politisi PDI-P Dipukuli di Jalan Tol, Mengapa Orang Mudah Emosi Saat di Jalan?

KOMPAS.com - Aksi seorang pria memukuli putra seorang politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di tengah jalan, tepatnya di Tol Dalam Kota Jakarta, menjadi sorotan.

Menurut dosen dan konselor pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Yohanes Heri Widodo, salah satu pemicu konflik di jalan adalah ketidakmampuan seseorang mengontrol emosi.

"Setiap orang memiliki emosi, negatif dan positif. Emosi negatif ini muncul baik secara verbal atau fisik ketika seseorang menghadapi situasi yang tak diinginkan dan akhirnya memicu seseorang agresif," katanya kepada Kompas.com, Minggu (04/6/2022).

Tekanan hidup

Heri melanjutkan, ketidakmampuan seseorang mengendalikan emosi negatif ini bisa dipengaruhi beberapa hal, antara lain tekanan hidup sehari-hari dan situasi lingkungan yang mendorong terjadinya kekerasan.

Tekanan hidup itu yang menumpuk dan tak terselesaikan itu berpotensi menyulut emosi seseorang.

"Kondisi itu mudah menyulut emosi negatif, seperti marah ketika hadir suatu situasi yang tidak menyenangkan di jalan," katanya.

"Kemarahan ini bagi banyak orang menjadi emosi negatif yang segera mengambil alih dan mendorongnya melakukan berbagai tindakan yang kuang adaptif misalnya menyerang pihak lain," tambahnya.


Lingkungan kekerasan

Selain itu, menurut Heri, lingkungan yang sering kali memberikan ruang terhadap munculnya kekerasan juga berpotensi mendorong seseorang melihat kekerasan adalah satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah.

Lingkungan kekerasan tersebut, kata Heri, bisa muncul di rumah, sekolah, tempat kerja dan bahkan di ruang terbuka.

"Jadi alih-alih memilih jalan damai dan memastikan orang yang mengalami masalah dengan kita berada dalam kondisi baik-baik saja, kita seringkali memilih kekerasan untuk mengelola dan menyelesaikan masalah tersebut," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/06/060000478/anak-politisi-pdi-p-dipukuli-di-jalan-tol-mengapa-orang-mudah-emosi-saat-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke