Salin Artikel

Ketahuan Punya Tabungan Rp 490 Juta, Pengemis di Gorontalo: Kapok, Jualan Saja di Warung

KOMPAS.com - Seorang pengemis kaya raya asal Gorontalo, Sulawesi Utara, bernama Luthfi Haryano (47), mengaku kapok mengemis setelah foto isi tabungannya senilai 490 juta viral di media sosial.

Luthfi yang mengemis dengan menggunakan proposal itu memilih akan berjualan di warung.

“Tidak lagi (mengemis). Saya akan berjualan di warung. Saya tidak begitu lagi," ungkap Lutfi kepada wartawan, Kamis (2/6/2022) di Kantor Lurah Ipilo.

Sementara itu, Luthfi mengaku, uang di tabungannya itu bukan hanya dari hasil mengemis.

Dirinya mengaku sempat bekerja di beberapa tempat dan hasilnya dia tabung. Luthfi mengaku pernah bekerja di sebuah toko dan rumah makan.

Saat itu Luthfi dibawa warga ke Kantor Lurah Ipilo untuk melakukan klarifikasi terkait proposal yang dia ajukan ke kelurahan. Proposal itu berisi meminta sejumlah uang kepada warga.

Menurut Bhabinkamtibmas Kelurahan Ipilo Kepolisian Sektor Kota Timur, Bripka Romi, pria berusia 47 tahun segera memancing kecurigaan warga.

“Jadi dari laporan warga ini, kita melakukan klarifikasi terhadap pengemis tersebut, di mana diketahui bahwa dirinya mengemis kepada orang-orang dengan menyodorkan proposal,” ungkapnya Bripka Romi, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Ipilo, Sabtu (4/6/2022).

Saat itu warga sempat menanyakan rekening yang bersangkutan. Setelah dicek ternyata Luthfi memiliki uang di beberapa rekening yang total isinya lebih kurang Rp 480 juta.

"Kemudian setelah di cek saldo buku rekening milik Lutfi Haryono berjumlah Rp 490.000.000 di dalam dua rekening yakni Bank Mandiri dan Bank Sulutgo,” kata Bripka Romi.

Menurut Romi, proposal yang dibawa Luthfi adalah ilegal. Selain itu, Luthfi mengaku telah mengemis memakai proposal selama 13 tahun.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Pengemis Punya Tabungan Rp 490 Juta di Gorontalo, Meminta-minta dengan Sodorkan Proposal

https://regional.kompas.com/read/2022/06/05/150427678/ketahuan-punya-tabungan-rp-490-juta-pengemis-di-gorontalo-kapok-jualan-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke