Salin Artikel

Gandeng Seniman Lokal, Erwin Gutawa Gelar Konser Orkestra "Simfoni di Tanah Papua"

Dalam konser tersebut, Erwin akan menggandeng banyak seniman dari Papua, baik dari musisi hingga penari, sehingga total artis yang terlibat akan mencapai sekitar 100 orang.

"Saya ingin berkolaborasi dengan musisi dan seniman Papua. Saya akan melibatkan 55 anggota orkestra saya dan semuanya akan ke Jayapura," ujarnya di Jayapura, Selasa (31/5/2022).

Erwin mengaku baru kali ini datang ke Jayapura untuk mengadakan sharing session dengan para seniman lokal Papua.

Namun, Erwin menyatakan sudah terbiasa berkerja sama dengan seniman asal Papua, salah satunya Edo Kondologit.

Dengan konser orkestra tersebut, ia berharap akan semakin banyak seniman Papua yang bisa tampil di dunia hiburan nasional.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi satu letupan yang besar, dan musisi Papua punya semangat baru setelah berkolaborasi dengan orkestra," kata Erwin.

Matias D Fakiri selaku inisiator kegiatan tersebut ini agar budaya dan musik Papua bisa semakin dikenal di seluruh Indonesia bahkan hingga dunia hiburan internasional.


Menurut dia, seni merupakan bagian yang sangat dominan di kehidupan masyarakat Papua tapi belum terdapat fasilitas agar bakat-bakat seni tersebut bisa dikembangkan.

"Papua ini terkenal dengan seni, budaya dan kekayaan alamnya, tapi dari generasi ke generasi belum ada wadahnya, maka ini lah waktunya agar para seniman yang punya talenta untuk mengasah bakatnya," tutur Fakiri yang saat ini juga menjabat sebagai Kapolda Papua.

Melalui konser tersebut, ia yakin akan muncul artis baru dari Papua karena nama Erwin Gutawa diyakini mampu mengundang daya tarik bagi pecinta seni di seluruh Indonesia.

Domie Abreso, personel Papua original, mengatakan ini merupakan kesempatan besar bagi anak-anak di Papua untuk mencintai lagu-lagu Papua lewat konser besar.

"Mungkin saat ini anak-anak muda jarang mengenal lagu-lagu Papua. Makanya kami ingin mengajak mereka (anak muda) untuk memiliki motivasi dalam bekarya dan mengenal lagu-lagu Papua," kata Domie.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/01/132543778/gandeng-seniman-lokal-erwin-gutawa-gelar-konser-orkestra-simfoni-di-tanah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke