Salin Artikel

Ada Polisi Berpatroli Bawa Kamera Tilang Elektronik di Solo, Setiap Hari Puluhan Pengendara Ditilang

Ada pula kamera yang dibawa polisi saat berpatroli.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Solo Kompol Agus Santoso mengatakan, kamera yang dibawa polisi adalah ETLE mobile.

Dengan adanya kamera itu, polisi yang menemukan pelanggar lalu lintas saat berpatroli bisa langsung memotretnya.

Menurut Agus, saat ini ada 14 personel Polresta Solo yang ditugaskan menggunakan ETLE mobile.

"Dalam sehari, bisa mencapai 20-50 pelanggaran yang tertangkap kamera ETLE Mobile di Kota Solo," kata Kompol Agus Santoso, di Mapolresta Solo, Selasa (31/5/2022).

Agus menjelaskan, gambar yang diambil polisi akan dikirimkan ke bagian back office di Traffic Management Center (TMC) Satlantas Polresta Solo, Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Selanjutnya, akan dibuatkan surat konfirmasi atau surat tilang guna mencatat pelanggaran tersebut dan mengirimkannya kepada pelanggar.

"Jadi, personel yang mendapat sprin (surat perintah) akan bertugas di lapangan mengambil gambar tiap tindak pelanggaran. Nantinya, pelanggaran tersebut akan diproses dan pemilik kendaraan dikirimi surat tilang," jelas Agus.


Rata-rata pelanggaran di Kota Solo ada tidak mengenakan kelengkapan kendaraan seperti helm, melawan arah, dan berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Sementara itu, Direktorat Lalu (Ditlantas) Kapolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Agus Suryonugroho mengatakan, pelanggar akan menerima surat konfirmasi pelanggaran yang akan dikirim melalui jasa pengiriman.

Jika pelanggar tidak melakukan konfirmasi selama 3x24 jam sejak surat konfirmasi diterima, maka diberikan waktu lagi selama 7 hari untuk konfirmasi.

"Namun jika tetap tidak ada konfirmasi tanpa alasan yang jelas, maka Data kendaraan bermotor tersebut akan di blokir," jelas Agus.

Pihaknya berharap, masyarakat proaktif bila menerima surat terkait pelanggaran lalu lintas tersebut.

"Adapun denda dapat dibayar lewat ATM, M-Banking dan lainnya. Bila kurang paham mekanisme dan detail lainnya silakan berkonsultasi dengan petugas atau Satlantas terdekat," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/01/131038978/ada-polisi-berpatroli-bawa-kamera-tilang-elektronik-di-solo-setiap-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke