Salin Artikel

Viral, Pengendara Vario Terobos dan Dikejar di Jalan Tol Balsam, Petugas Lepas Tembakan

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Seorang pengendara motor bernama Ahmad Hasan Basri (AHB) bikin heboh masyarakat Kalimantan Timur.

Sebab, ia nekat menerobos jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dengan menggunakan motor pada pada Selasa (31/5/2022).

Kejadian tersebut lantas viral di media sosial, di mana AHB yang berusia 37 tahun itu melaju di jalan Tol Balsam dengan santainya.

Nampak, sejumlah petugas menggunakan mobil kejar-kejaran dengan AHB yang mengenakan motor Honda Vario bernomor polisi KB 6482 MO.

Kejadian tersebut terjadi pada pukul 14.00 Wita.

Saat itu AHB langsung menerobos jalan Tol Balsam melalui Pintu Tol Samboja.

AHB berhasil menerobos pintu masuk saat sekuriti tengah bersiaga di gerbang dan posisi motor AHB tidak terlihat saat melintas lantaran terhalang oleh tiang.

"Ya, ada pengendara motor yang masuk dari pintu Samboja, tapi sudah diamankan sama petugas," kata Manager Area Jasa Marga Balikpapan-Samarinda Ronny Hendrawan, kepada Kompas.com, Selasa.

Sekuriti yang menyadari adanya pengendara motor yang menerobos langsung melakukan pengejaran menggunakan mobil.

Bukannya berhenti saat dikejar dan ditegur petugas, AHB justru menambah kecepatan dan sempat menghindari mobil petugas yang menghalanginya.

Kejar-kejaran pun terus terjadi hingga AHB memilih memutar balik saat petugas memblokade jalannya.


"Semua petugas berusaha menghentikan, namun pemotor tetap berusaha kabur, petugas sempat memblokade jalan di KM 43 namun pemotor justru memutar balik ke arah Balikpapan. Sehingga tindakannya itu membahayakan pengguna jalan lain di jalur sebelah," ungkap Humas Jasa Marga Balikpapan-Samarinda, Hima.

Pengendara motor pun akhirnya bisa dihentikan saat petugas kembali menghalangi jalan AHB.

Motor pun sempat menabrak bemper dan lampu mobil bagian belakang.

Namun, AHB malah meninggalkan motornya dan memilih melarikan diri ke semak-semak dengan menaiki tebing.

"Pihak PJR sempat memberikan tembakan peringatan dua kali namun tidak dihiraukan. Akhirnya pelaku berhasil diamankan setelah dikepung petugas," tutur dia.

Pelaku dan motornya kini diamankan di Kantor PJR Tol Balikpapan-Samarinda.

Belum diketahui motif apa yang membuat pelaku nekat menerobos jalan tol tersebut, namun diduga pelaku dalam kondisi di bawah pengaruh minuman keras.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/31/205450378/viral-pengendara-vario-terobos-dan-dikejar-di-jalan-tol-balsam-petugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke