Salin Artikel

Insiden Kapal Tongkang Marcopolo 188 Nyaris Karam, 25 Kontainer Dievakuasi ke Karimun

Kapal bermuatan 195 kontainer berisi kertas gulungan ini berlayar dari Perawang Siak Riau tujuan Singapura. Namun saat berda di perairan Pulau Takong Hiu, kapal nyaris karam dengan posisi miring 60 derajat.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) TBK Letkol Laut (P) Joko Santosa mengatakan, petugas gabungan berhasil mengevakuasi 25 kontainer.

Proses evakuasi 25 kontainer itu dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari Lanal TBK, Polairud Polres Karimun, Basarnas Karimun, Bakamla dan KSOP Karimun sejak Jumat (27/5/2022).

Ke-25 kontainer yang berserakan di laut kemudian diikat oleh petugas ke tiga kapal tugboat dan dibawa ke empat lokasi di Kabupaten Karimun.

"Sebanyak 25 unit kontainer ini dievakuasi ke 4 lokasi, 16 unit di Pantai Teluk Setimbul, 3 unit di Pantai Pasir Panjang, 1 unit di Pulau Asam Besar dan 5 unit di Pulau Karimun Anak," kata Danlanal Joko, Minggu (29/5/2022) malam.

Joko menjelaskan bahwa evakuasi terhadap kontainer yang berserakan dilaut dilakukan demi kelancaran alur pelayaran.

Hal tersebut mengingat lokasi kejadian karamnya kapal tongkang tersebut yakni Perairan Takong Hiu Karimun merupakan jalur pelayaran kapal baik domestik maupun internasional.

"Kontainer yang jatuh ke laut bahkan ada yang hanyut sampai ke perbatasan, atas kondisi itu tentu kita harus segera evakuasi agar tidak membahayakan kapal-kapal yang melintas," jelas Joko.

Joko menambahkan, kapal tongkang dengan muatan ratusan kontainer yang tersisa juga ikut dievakuasi ke Kabupaten Karimun.

"Kapal tongkang dievakuasi ke sekitar Pantai Pongkar Karimun untuk dikandaskan," kata Joko.

Lebih lanjut, ia mengimbau agar operator kapal dan nelayan di wilayah yang dekat dengan lokasi karamnya kapal tongkang itu untuk berhati-hati.

"Saya mengimbau kapal dan nelayan untuk waspada dan melapor jika melihat adanya kontainer yang hanyut, supaya bisa dievakuasi demi kelancaran pelayaran," ucap Joko.

Diberitakan sebelumnya, kapal tongkang Marcopolo 188 bermuatan kontainer atau peti kemas yang ditarik oleh kapal tugboat Mega Daya 43 karam di Perairan Pulau Takong Hiu, Kabupaten Karimun, Kepri, Kamis (26/5/2022) dinihari.

Cuaca buruk ditengarai menjadi penyebab kapal tongkang nyaris tenggelam dengan kemiringan 60 derajat.

Nakhoda beserta 9 orang kru kapal tugboat berhasil selamat dari insiden nahas tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/30/073223578/insiden-kapal-tongkang-marcopolo-188-nyaris-karam-25-kontainer-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke