Salin Artikel

MXGP Samota, KRI Makassar Akan Jadi Hotel Terapung

SUMBAWA, KOMPAS.com - Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Makassar akan menjadi hotel terapung selama penyelenggaraan Motocross Grand Prix (MXGP) di Sirkuit Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 24-26 Juni 2022 mendatang.

Hal ini disampaikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

"Kami sudah bersurat ke Panglima TNI dan KSAL untuk minta bantuan agar KRI Makassar bisa membantu MXGP karena ketersediaan hotel yang masih terbatas dibandingkan dengan jumlah penonton yang puluhan ribu," kata Zul, panggilan Zulkieflimansyah.

"Tinggal teknisnya saja karena Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sudah setuju ketika bertemu di Mataram kemarin saat kunjungan kerja," imbuh Zul.

Komandan lapangan MXGP Ridwan Syah mengatakan, KRI Makassar akan dikirim oleh Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pada 23-27 Juni.

"Akomodasi hotel terapung ini khususnya bagi para pebalap dan kru," kata Ridwan saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa.

Ajang balap itu ditargetkan akan mendatangkan 500.000 orang ke Sumbawa. Terdiri dari pebalap, kru, official, dan penonton.

Karenanya, dibutuhkan sekitar 300 kamar setara hotel bintang tiga. Saat ini, ada 187 kamar setara bintang tiga pada enam hotel di Sumbawa. Sedangkan hotel non-bintang di Sumbawa masih kurang dari 1.000 kamar.

"Hotel terapung dari KRI Makassar dan kapal swasta lainnya serta camping ground di dekat venue MXGP Samota disiapkan untuk mengantisipasi kekurangan akomodasi kamar hotel," jelasnya.

Sementara itu, lanjut Ridwan, Sirkuit MXGP Samota Sumbawa masih dikebut pengerjaannya yang diawasi langsung oleh pihak infront.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/17/073843978/mxgp-samota-kri-makassar-akan-jadi-hotel-terapung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke