Salin Artikel

Sosok Serupa Pocong Minta Uang ke Warga Lampung, Diduga Depresi Terlilit Pinjol

Warga resah lantaran penampilan sosok itu yang juga meminta agar diberikan sejumlah uang.

Sosok tersebut mengenakan jubah yang menutupi sekujur tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Pada bagian mata, orang di balik jubah itu mengenakan kacamata hitam.

Sosok itu terlihat sering mondar-mandir di permukiman warga dan duduk tak bergerak sama sekali. Namun begitu ada warga yang lewat, sosok itu langsung meminta uang.

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi membenarkan adanya sosok berjubah putih yang telah meresahkan warga setempat tersebut.

Menurut Rio, sosok di balik jubah itu adalah seorang perempuan yang merupakan warga Pekon Bandung Barat, Kecamatan Sukoharjo.

"Dari hasil penyelidikan, kami telah mendapati identitas dan rumah yang bersangkutan," kata Rio dalam keterangan tertulis, Minggu (15/5/2022) malam.

Rio mengungkapkan perempuan itu berinisial NH dan berusia 43 tahun.

Lantaran mendapat laporan dari warga yang resah atas keberadaan sosok itu, NH sempat dibawa ke Mapolres Pringsewu untuk diperiksa.

"Tadi pagi, NH kita amankan saat berada di Kecamatan Sukoharjo," kata Rio.


Dari hasil klarifikasi dengan keluarganya, NH ternyata mengalami depresi sejak setahun terakhir akibat terlilit utang pilihan juta rupiah dari pinjaman online.

"Utang NH mencapai Rp 39 juta," kata Rio.

Berdasarkan keterangan keluarga, diketahui NH juga sebenarnya telah meminta sumbangan kepada warga setempat untuk membantunya melunasi utang ke 11 aplikasi pinjol tersebut.

"Kegiatan meminta sumbangan tersebut telah dilakukan dalam kurun waktu satu tahun terakhir, dan dipergunakan untuk membayar utang dari 11 aplikasi pinjaman online, yang mencapai Rp 39 juta" kata Rio.

Namun, karena tidak memiliki pekerjaan NH nekat mendatangi rumah warga dengan mengenakan jubah tersebut.

Rio menambahkan, saat meminta sumbangan NH tidak melakukan tindak pidana.

"Hanya saja, warga resah karena seluruh tubuhnya tertutup jubah dan memakai kacamata," kata Rio.

Rio mengatakan, kejadian ini sudah diselesaikan dengan meminta keluarga mengawasi agar NH tidak mengulangi lagi perbuatannya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/15/205713978/sosok-serupa-pocong-minta-uang-ke-warga-lampung-diduga-depresi-terlilit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke