Salin Artikel

Ke Mana Hilangnya Dokter Faisal?

Hingga hari ini, Sabtu (14/5/2022), keberadaan Faisal belum juga ditemukan.

Hilangnya Faisal bermula dari laporan warga yang melihat sebuah sepeda motor berada di tepi jurang Jalan Poros Tolitoli-Buol di Dusun Mamunu, Desa Lingadan, dengan mesin yang masih menyala.

Warga tersebut kemudian menghubungi pihak kepolisian.

Di sekitar sepeda motor, petugas menemukan tas berisi identitas pemilik motor yang ternyata adalah Faisal.

Polisi juga menemukan dua kartu vaksin atas nama Faisal dan Cyntia Kornelius (istri Faisal), kartu nama Ikatan Dokter Indonesia atas nama Faisal, satu jaket, helm berwarna merah, dan satu pasang sandal. Tidak ditemukan uang di dalam tas Faisal.

Polisi kemudian mencari alamat korban hingga berkomunikasi dengan keluarga Faisal.

Keluarga menjelaskan, pada Jumat, Faisal baru saja membagikan sedekah (bantuan) uang dalam rangka Idul Fitri kepada penyintas banjir di Desa Lingadan, Kecamatan Dakopamean, pukul 23.00 Wita.

Ia membagikan dana Rp 500.000 per keluarga kepada sejumlah penyintas.

Setelah membagikan bantuan di Desa Lingadan, Faisal menuju Desa Kapas yang tak jauh dari Lingadan untuk membagikan bentuan serupa kepada penyintas banjir.

Saat itu Faisal membawa uang Rp 26 juta untuk dibagikan. 


15 saksi diperiksa

Kasi Humas Polres Tolitoli AKP Anshari Tolah mengatakan, pihak kepolisian telah memeriksa 15 saksi yang merupakan warga Desa Lingadan dan Desa Kapas, Kecamatan Dako Pamean, serta istri dokter Faisal.

Polisi juga melakukan olah TKP di lokasi ditemukannya sepeda motor korban.

"Perkembangan terakhir, polres telah melakukan kegiatan olah TKP dan memeriksa 15 orang saksi sebagaimana kronologi dan keterangan saksi di lapangan, di mana ditemukan posisi awal barang milik korban," ungkap Anshari yang dikonfirmasi via telepon, Sabtu.

Dalam proses olah TKP dan penyelidikan, polisi dibantu Dinas BPBD, Basarnas, dan TNI.

"Polisi telah melakukan olah TKP dan gelar perkara pada Kamis (12/5/2022) . Dari hasil olah TKP tersebut, kami menghimpun segala informasi yang ada, petunjuk ditemukan di lokasi, maupun yang disampaikan secara langsung saksi kepada polisi," ujar Anshari.

Sebelumnya, Kapolres Tolitoli AKBP Ridwan Raja Dewa mengatakan, telah membentuk tim penyelidikan yang melibatkan Satreskrim dan Intelijen Polres Tolitoli.

Tim sedang melakukan lidik ke seluruh titik di mana dokter Faisal pernah melakukan aktivitas sebelum dinyatakan hilang.

Proses lidik dimulai dari pihak keluarga atau di rumah, kemudian menuju ke masjid saat dokter Faisal melaksanakan shalat di Masjid Agung.

Serta pada saat melaksanakan kegiatan pembagian bantuan di wilayah Lingadan yang terdampak banjir sampai dengan ke titik TKP awal dinyatakannya Faisal hilang. 

(Penulis Kontributor Poso, Mansur | Editor Khairina, Kompas.id)

https://regional.kompas.com/read/2022/05/14/182523778/ke-mana-hilangnya-dokter-faisal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke