Salin Artikel

Razia di Jayapura, Polisi Sita Sajam hingga Atribut Bintang Kejora

Razia dilakukan terhadap para pengendara sepeda motor yang melintas di jalan raya Sentani-Waena di Haway Distrik Sentani dan depan Mapolsek Sentani Timur, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa (10/05/2022).

“Atribut motif bintang kejora ini kami langsung amankan sebagai barang bukti dari razia yang dilaksanakan oleh aparat gabungan TNI-POLRI,” ungkap Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W A Maclarimboen saat dihubungi Kompas.com melalui telepon selulernya, Rabu (11/5/2022).

Kata Fredrickus, atribut bermotif bintang kejora ini terdapat di kaus, tas, noken, dan gelang yang digunakan oleh pengendara yang melintas. 

Selain atribut bermotif bintang kejora, petugas gabungan juga mengamankan sejumlah senjata tajam. 

Ia menjelaskan bahwa razia sajam itu dilakukan untuk mengantisipasi demo massa dari Petisi Rakyat Papua (PRP) di wilayah Kabupaten Jayapura. 

“Dalam razia yang dilaksanakan, kami amankan juga sejumlah sajam yang dibawa oleh warga masyarakat saat melintas di jalan raya. Hal ini tentu sangat berbahaya dan dapat menganggu kamtibmas,” katanya.

Adapun senjata tajam yang diamankan, menurut Fredrickus, ada beberapa jenis, yaitu dua buah bambu runcing, 13 mata panah, dan enam senjata tajam.

“Senjata tajam yang dibawa warga ini sangat berbahaya. Sehingga kita perlu mencegah dengan menyita serta mengamankan benda-benda berbahaya tersebut,” tuturnya.

15 motor diamankan

Petugas juga menertibkan pengendara sepeda motor yang tak memiliki kelengkapan surat kendaraan. 

Fredrickus mengungkap ada 15 unit sepeda motor yang diamankan. 

“Ada sekitar 15 unit sepeda motor yang tidak memiliki surat-surat kendaraan, sehingga kami langsung tahan dan amankan,” tuturnya.

Usai motornya diamankan, pihak TNI-POLRI mengimbau kepada para pemilik kendaraan untuk membawa surat-suratnya, sehingga bisa mengambil motornya.

“Dalam razia ini kami temukan ada satu unit sepeda motor jenis Honda Beat yang ditemukan merupakan hasil curian, sehingga kami langsung amankan,” kata Fredrickus.

Fredrickus berharap, pengendara sepeda motor untuk tertib berlalu lintas di jalan raya, terutama memakai helm dan membawa surat-surat kelengkapan kendaraannya saat di jalan raya.

“Kami harapkan warga masyarakat, terutama pengendara bisa tertib berlalu lintas. Memakai helm dan membawa surat-surat kendaraannya selalu,” harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/11/200559078/razia-di-jayapura-polisi-sita-sajam-hingga-atribut-bintang-kejora

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke