Salin Artikel

40 Persen Pemudik dengan Kendaraan Pribadi Masih Berada di Jawa Tengah

SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Jawa Tengah mencatat total jumlah kendaraan pemudik masuk ke Jawa Tengah selama momentum Lebaran sebanyak 1,4 juta kendaraan.

Dari jumlah tersebut sekitar 40 persen pemudik masih belum balik atau meninggalkan Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Henggar Budi Anggoro mengatakan, pihaknya telah memprediksi jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Tengah ada sekitar 11,4 juta orang.

"Berdasarkan pendekatan asumsi kami prediksi ada sekitar 11,4 juta pemudik yang masuk ke Jawa Tengah. Itu tercatat sejak 24 April hingga H2 Lebaran," kata Henggar, saat dihubungi Kompas.com, pada Selasa (10/5/2022).

Henggar belum bisa menyebut secara pasti berapa total jumlah pemudik yang masih belum kembali atau meninggalkan Jawa Tengah.

Namun, pihaknya telah menghitung jumlah kendaraan pemudik yang masuk ke Jawa Tengah ada sekitar 1,4 juta baik melalui jalur tol maupun jalur non tol.

Dari jumlah tersebut ada sekitar 40 persen pemudik masih belum balik atau masih berada di Jawa Tengah.

"Jadi, kami prediksi kendaraan pemudik yang masih tertahan atau belum kembali ke tempat perantauan ada sekitar 40 persen dari 1,4 juta kendaraan. Itu di luar angkutan umum seperti bus, pesawat, kapal dan kereta api," ucap dia.

Pihaknya hanya menghitung jumlah kendaraan karena secara fungsional untuk penanganan pengaturan lalu lintas.

"Secara fungsional, kami tetap melakukan pantauan jika terjadi kemacetan. Seluruh jajaran langsung bergerak," ujar dia.


Ia mengatakan, pemudik yang memang belum kembali atau masih berada di Jawa Tengah dimungkinkan karena sejumlah faktor.

"Bisa jadi karena 2 tahun pandemi tidak diperbolehkan pulang, pemudik masih ingin berlama-lama. Atau kemungkinan juga punya usaha, tidak ingin terjebak macet, sedang cuti atau WFH untuk yang bekerja di pusat. Kalau yang di daerah kan tidak ada WFH karena mudiknya juga tidak jauh-jauh," ungkap dia.

Ia mempersilahkan pemudik yang masih berada di Jawa Tengah bisa melakukan perjalanan balik karena situasi lalu lintas sudah mulai lengang.

"Untuk pemudik yang masih tertahan di kampung halaman kalau mau kembali ke perantauan kondisi lalu lintas sudah mulai lengang. Silahkan kalau ingin melakukan perjalanan. Hati-hati di perjalanan patuhi semua ketentuan yang ada," ucap dia.

Selain itu, pemudik yang menggunakan sepeda motor juga disediakan fasilitas menggunakan kapal melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Silahkan bagi pemudik yang pakai sepeda motor bisa dari Tanjung Emas. Berangkat 12 Mei besok. Masih ada tempat duduk sekitar 1.000 lebih untuk tujuan pelabuhan Tanjung Priok," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/10/181000178/40-persen-pemudik-dengan-kendaraan-pribadi-masih-berada-di-jawa-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke