Salin Artikel

Ini Alasan Pemkot Padang Tidak Terapkan WFH Bagi ASN Usai Libur Lebaran

PADANG, KOMPAS.com-Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat tidak menerapkan sistem kerja work from home (WFH) setelah libur Lebaran.

Hal itu disebabkan Pemerintah Kota Padang belum menerima surat edaran mengenai aturan WFH bagi ASN usai libur lebaran.

“Kita belum terima surat edaran tertulis, karena itu WFH belum bisa kita laksanakan,”ujar Wali Kota Padang Hendri Septa kepada sejumlah wartawan, Senin (9/5/2022).

Dikatakan Hendri Septa, dirinya sudah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang terkait WFH bagi ASN usai libur lebaran.

Lebih jauh dijelaskan Hendri Septa, sistem kerja di pemerintah mesti ada yang tertulis, seperti surat edaran dan lainnya. Untuk itu pihaknya memutuskan belum mengambil kebijakan untuk WFH.

“Karena itu kami mengadakan inspeksi mendadak besar-besaran ke tiap OPD pada hari ini,”katanya.

Sebelumnya diberitakan Wali Kota Padang Sumatera Barat Hendri Septa melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Padang pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, Senin (9/5/2022).

Pada hari pertama kerja tersebut jumlah kehadiran ASN mencapai 97 persen. Sisanya sebesar 3 persen tidak masuk karena mengalami sakit dan cuti.

"Cuti Lebaran sampai tanggal 8 Mei 2022 lalu. Maka pada tanggal 9 ini ASN wajib masuk kembali. Tidak ada toleransi untuk ASN yang menambah libur," kata Wali Kota Padang Hendri Septa, Senin (9/5/2022) kepada sejumlah wartawan.

Beberapa hari sebelumnya Wali Kota Hendri Septa melalui Kepala BKPSDM Arfian sudah mengingatkan para ASN di lingkungan Pemko Padang untuk masuk tepat waktu usai cuti Lebaran.

Hal itu berdasarkan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Nomor: 870.605/BKPSDM-PDG/2022 tentang Jadwal Sidak Masuk Kerja Tanggal 9 dan 10 Mei Tahun 2022 di Lingkungan Pemko Padang. SE ini mengacu PP No.94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS serta merujuk Keputusan Bersama 3 Menteri terkait.

"Selasa besok saya juga akan melakukan sidak. Alhamdulillah pada hari ini ASN kita menunjukkan kedisiplinan yang bagus. Jadi ini yang kita inginkan, karena di samping terus meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat. ASN itu harus disiplin,"ujar Hendri Septa.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/09/183705178/ini-alasan-pemkot-padang-tidak-terapkan-wfh-bagi-asn-usai-libur-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke