Salin Artikel

Puncak Arus Balik, 162.749 Kendaraan Melintas di Tol Tangerang-Merak

SERANG, KOMPAS.com - PT Astra Infra Toll Road Tangerang Merak mencatat volume kendaraan meningkat pada Sabtu (7/5/2022). Pada hari itu, trafik kendaraan di ruas tol tersebut mencapai tertinggi selama arus balik atau puncak arus balik.

Arus kendaraan dari arah Pelabuhan Merak, Cilegon, yang masuk melalui Gerbang Tol Merak tercatat sebanyak 20.303 unit atau naik 124 persen dibandingkan rata-rata harian 9.024 unit.

Sedangkan kendaraan yang mengarah ke Jakarta dan sekitarnya melalui gerbang Tol Cikupa sebanyak 53.853 unit atau naik 19 persen dari lalu lintas rata-rata harian sebanyak 44.755 unit.

Secara keseluruhan, total trafik yang melintas di Tol Tangerang-Merak sebanyak 162.749 unit kendaraan.

"Sejauh ini, tanggal 7 Mei kemarin adalah trafik tertinggi arus balik di Tol Tangerang Merak," kata Kepala Departemen Manajemen CSR & Humas PT Marga Mandalasakti, Uswatun Hasanah kepada Kompas.com, Minggu (8/5/2022).

Dikatakan Uswatun, saat ini sedang diberlakukan pembatasan truk selama periode arus balik sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 45 tahun 2022.

"Pembatasan truk mulai tanggal 6 sampai 9 Mei 2022," ujar Uswatun.

Untuk mendukung kelancaran lalu lintas, Uswatun mengatakan, ada 10 gardu exit Gerbang Tol Cikupa arah Jakarta. Namun, pada puncak arus balik, ada penambahan empat gardu tandem dan mobile reader.

Untuk di Gerbang Tol Merak, pengelola mengoperasionalkan tiga gardu entrance dan penggunaan dua mobile reader.

Demikian halnya untuk Gerbang Tol Cilegon Timur untuk mengantisipasi arus kendaraan dari Pelabuhan Ciwandan dan arus wisata dari Anyer.

Dijelaskan Uswatun, penambahan layanan itu dilakukan untuk mempercepat proses transaksi sehingga tidak terjadi antrean panjang.

"Kami juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik, agar transaksi di gardu lancar," kata Uswatun.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/08/152443578/puncak-arus-balik-162749-kendaraan-melintas-di-tol-tangerang-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke