Salin Artikel

Kericuhan di Mareje Berakhir Damai, Masyarakat Gotong Royong Membersihkan Rumah Warga yang Rusak

Para warga yang sebelumnya berseteru, kini terlibat kegiatan gotong-royong, dibantu aparat TNI-Polri, BPBD dan Satpol PP.

Mereka bahu-membahu membersihkan rumah warga yang rusak dan terbakar dalam kericuhan, Jumat (6/5/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, Dandim 1606 Mataram Letkol Arief Rahman, Sekda Lombok Barat DR. H. Baehaqi, Asisten 3 Setda Lobar H. Ilham, Kasat Pol PP, Kalak BPBD Lobar dan sejumlah pejabat lobar serta perangkat Desa Mareje.

"Kami bersama masyarakat dan TNI/Polri bergotong royong membersihkan rumah warga yang rusak. Ini juga sebagai tanda bahwa masyarakat sudah damai dan tidak ada lagi persoalan diantara dua kelompok pemuda yang sempat bersitegang beberapa waktu lalu," kata Sekda Lombok Barat Baehaqi.

Baehaqi berharap agar masyarakat kembali menguatkan silaturahmi dan kebersamaan agar tetap damai.

Selain itu, dia juga meminta agar semua masyarakat tidak cepat terpengaruh oleh berbagai isu yang menyesatkan, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah secara kekeluargaan.

"Komunikasi dan dialog kekeluargaan harus diutamakan agar berbagai masalah dapat diselesaikan dengan baik dan damai," kata Baehaqi.


Buntur kericuhan tersebut, setidaknya sebanyak 50 orang lebih mengungsi di Polres Lombok Barat.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan, pelayanan kesehatan diberikan terutama kepada para lansia dan anak-anak.

"Banyak di antaranya yang mengalami keluhan kesehatan. Adapun pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tensi dan pembagian obat," kata Artanto dalam keterangan pers, Kamis (5/5/2022).

Disamapaikan Artanto, tim gabungan kesehatan juga memberikan pendampingan psikologi terhadap anak-anak dan lansia.

Sebelumnya pada Selasa (3/5/2022) malam, dua kelompok pemuda di Desa Mareje, Kecamatan Lembar bersitegang akibat salah paham soal mercon atau petasan.

Hal ini menyebabkan 6 rumah warga rusak terbakar.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/07/071435978/kericuhan-di-mareje-berakhir-damai-masyarakat-gotong-royong-membersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke