Salin Artikel

2 Tahun Tutup Imbas Pandemi, Kapal Penyeberangan Dumai-Melaka Kembali Berlayar

Pelayaran perdana setelah Covid-19, dilepas langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar bersama sejumlah pejabat terkait, termasuk Kepala Konsulat Malaysia Pekanbaru, Wan Nurshima Wan Jusoh, di Terminal Penumpang Internasional PT Pelindo I Dumai, Kamis (5/5/2022).

"Alhamdulillah, kita bersyukur setelah dua tahun tutup hari ini dibuka kembali," ucap Syamsuar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia berharap, dengan dibukanya kembali pelayaran internasional dari Riau ke Malaysia, ekonomi semakin menggeliat.

"Kita harap semakin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Riau. Begitu pun para investor," kata Syamsuar.

Ia meminta kepada semua petugas pelabuhan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap warga Negeri Jiran yang datang ke Bumi Lancang Kuning.

Menurutnya, antusias masyarakat Malaysia untuk datang ke Riau juga sangat besar.

"Kami dapat informasi, sekarang tiket kapal dari Melaka ke Dumai sudah habis terjual. Kapal sudah penuh," ungkap Syamsuar.

Diketahui, kapasitas kapal penyeberangan Dumai-Melaka sebanyak 250 orang.

Menurut Syamsuar, pihaknya sekarang juga sedang berusaha agar tidak saja rute pelayaran yang dibuka, tapi juga penerbangan internasional.

"Izin penerbangan ini tidak hanya dari Kemenhub, tapi juga Satgas Covid-19 Pusat, dalam hal ini BNPB, termasuk Kemenkumham (Imigrasi). "Mudah-mudahan kita segera dapat izin," harap Syamsuar.

Sebagai informasi, pergi dan pulang dari luar negeri sesuai aturan terbaru juga semakin mudah. Cukup mendapat vaksin kedua atau booster tanpa perlu pemeriksaan antigen atau PCR.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/05/152101078/2-tahun-tutup-imbas-pandemi-kapal-penyeberangan-dumai-melaka-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke