Salin Artikel

Ikut Rukyat Global, Sejumlah Warga di Solo Shalat Idul Fitri Hari Ini

SOLO, KOMPAS.com - Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah, telah melaksanakan shalat Idul Fitri 2022 pada hari ini, Minggu (1/5/2022), di Kawasan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon.

Mereka melaksanakan shalat id lebih awal karena mengikuti rukyat global.

"Jadi kita dan teman-teman semua mengikuti rukyat, rukyat ada dua, lokal dan global. Artinya di mana ada ketetapan rukyat disahkan di suatu negara kita ikut aja," kata Ustaz Utsman Zahid, imam shalat id, Minggu.

Utsman menambahkan, sejumlah negara telah mengumumkan bahwa 1 Syawal 1443 H jatuh pada Minggu (1/5/2022).

"Kemarin pengumuman hilal rukyat global terlihat di Negara Afghanistan, Afrika dan Mali," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya bersama sejumlah warga yang melaksanakan shalat id hari ini sudah mengikuti rukyat global sejak bertahun-tahun yang lalu. Terkadang, rukyat global bersamaan dengan keputusan pemerintah.

"Di mana ada rukyat global kita ikut. Kalau kebetulan bareng dengan teman-teman Muhammadiyah ya kita bareng. Sama halnya dengan barengan teman-teman nasional. Kebetulan kalau tadi kita beda, ya mengadakan sendiri," jelasnya.

Sementara itu, Utsman mengatakan, awal puasa atau Ramandhan dilaksanakan bersamaan dengan Muhammadiyah, yakni pada Sabtu (2/4/2022). Namun, pelaksanaan shalat id dilaksanakan lebih awal dengan jumlah jemaah yang mengikuti shalat id ada sekitar 200 orang.

"Jumlah pastinya saya tidak tahu, paling ada sekitar 200 orang," jelasnya.

Pihaknya menegaskan, perbedaan shalat id ini bukan karena golongan atau aliran tertentu. Namun, murni dari hasil rukyat global yang menyatakan 1 Syawal jatuh pada 1 Mei 2022.

"Ini berdasarkan rukyat lintas negara, kita semuanya sesuai dengan mazhab Hambali, Maliki dan Hanafi. Kalau di Indonesia kan Syafi'i. Tidak ada masalah sudah biasa dari dulu," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/01/150517878/ikut-rukyat-global-sejumlah-warga-di-solo-shalat-idul-fitri-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke