Salin Artikel

Jalur Selatan Brebes Macet, Petugas Sempat Buka-Tutup Exit Tol Pejagan

BREBES, KOMPAS.com - ‎Kemacetan kendaraan terjadi di ruas jalur selatan, seperti di wilayah Kecamatan Songgom dan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada H-3 Lebaran, Jumat (29/4/2022).

Akibatnya, petugas sempat melakukan buka tutup exit Tol Pejagan untuk mengurangi kemacetan kendaraan yang datang dari arah Jakarta dan Jawa Barat.

‎Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lantas) Dinas Perhubungan Brebes, Muhamad Reza Prisman mengatakan, penutupan sempat dilakukan untuk mengurangi penumpukan kendaraan di jalur selatan.

"‎Jalur selatan Brebes sejak Jumat pagi terjadi kepadatan karena banyaknya kendaraan pemudik," kata Reza, Jumat.

Menurutnya, kemacetan itu terjadi karena arus kendaraan pemudik yang hendak menuju Purwokerto dan Banyumas membludak. Selain itu, aktivitas warga sekitar yang padat juga menyumbang kepadatan lalu lintas.

Selain di wilayah Songgom, kemacetan juga sempat terjadi di wilayah Linggapura, Kecamatan Tonjong.

"Jadi memang terjadi akibat pertemuan arus pemudik dengan aktivitas warga ke pasar," kata Reza.

Reza mengatakan, petugas Dinas Perhubungan Brebes dan pihak kepolisian setempat disiagakan untuk pengamanan arus di lokasi kemacetan.

"Di Linggapura, Dishub bersama kepolisian mengatur dan mengamankan penyeberangan jalan masyarakat ke Pasar Linggapura," pungkas Reza.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di gerbang Tol Pejagan Brebes, arus lalu lintas terlihat lengang, Jumat sore sekitar pukul 16.30 WIB. Tidak terjadi kepadatan antrean kendaraan yang hendak melewati exit tol.

Sementara itu, jalur kendaraan yang hendak memasuki gerbang tol tujuan Jakarta ditutup karena masih diberlakukan sistem one way atau satu arah.

Kendaraan yang baru memasuki Jawa Tengah dari arah barat atau Cirebon, Jawa Barat, masih didominasi sepeda motor.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, arus kendaraan mudik terbelah ke dua arah. Pertama, ke arah lurus memasuki jalan arteri Brebes arah Semarang. Kedua, banyak pemudik yang memilih melalui Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal yang langsung tembus ke Kota Tegal.

Sebagai informasi, Jalingkut Brebes-Tegal baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo dan disiapkan untuk arus mudik.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/170543878/jalur-selatan-brebes-macet-petugas-sempat-buka-tutup-exit-tol-pejagan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke