Salin Artikel

Terjebak Macet di Cikampek, Pemudik Tempuh 12 Jam Perjalanan ke Semarang

Pelaksanaan one way telah diberlakukan mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Kota Semarang.

Salah satu pemudik asal Bekasi, Eka mengaku harus menempuh perjalanan sekitar 12 jam menuju GT Kalikangkung karena sempat terjebak kemacetan di wilayah Cikampek.

"Dari Bekasi berangkat pukul 06.00 WIB. Perjalanan macet dari KM 140 sampai KM 160. Sampai Cirebon pukul 13.00 WIB. Ini baru sampai Semarang pukul 18.00. Tadi di rest area cuma sekali," ungkap Eka saat mengantre transaksi pembayaran di GT Kalikangkung, Kamis (28/4/2022).

Meski perjalanan mudik sangat melelahkan, Eka yang hendak mudik ke Sragen ini mengatakan saat memasuki wilayah Jawa Tengah kondisi perjalanan cukup lancar.

"Jalanan padat, sangat capek. Tapi pas masuk Jateng masih lancar," ungkapnya.

Pemudik lain asal Banten, Arif juga mengaku, sempat mengalami kemacetan panjang di wilayah Cikampek.

Namun, setelah memasuki wilayah Jawa Tengah melalui Tol Semarang-Batang perjalanan lancar.

"Berangkat dari rumah Subuh. Tadi sempat keluar jalan tol, terus masuk lagi ke daerah Batang. Istirahat satu kali," kata Arif yang hendak mudik ke Solo.

Terpisah, Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang, Prayudi mengatakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, pemberlakuan one way telah diberlakukan mulai Kamis (28/4/2022).

Pemberlakuan one way dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Kota Semarang telah dimulai pukul.17.00 WIB.

"Saat ini kami sudah menutup jalan, tidak ada kendaraan dari arah Semarang-Batang ke Jakarta," jelasnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah terkait pemberlakuan one way pada saat arus mudik Lebaran 2022.

"Sementara itu skenarionya. Tapi nanti juga menunggu diskresi dari kepolisian juga," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan antrean kendaraan di GT Kalikangkung, pihaknya akan membuka 21 gate yang bisa digunakan untuk transaksi.

"Kita siap, gate di Kalikangkung, yang kita buka 21 gate," ucapnya.

Data dari Tol Semarang Batang, jumlah kendaraan dari arah Barat menuju GT Kalikangkung pada pukul 06.00 - 18.00 WIB tercatat 21.591 kendaraan.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/223623278/terjebak-macet-di-cikampek-pemudik-tempuh-12-jam-perjalanan-ke-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke