Salin Artikel

Perilaku Pemudik Berubah, Menko PMK: Pengendara Motor Berkurang, Lebih Banyak dengan Mobil Pribadi

LAMPUNG, KOMPAS.com - Perilaku pemudik pada arus mudik 2022 dinilai berubah.

Para pemudik saat ini lebih banyak mengendarai mobil dibanding bus dan sepeda motor.

Anggapan ini disampaikan Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia Muhadjir Effendy saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Kamis (28/4/2022).

Menurutnya, perilaku pemudik dari Sumatera dengan tujuan Pelabuhan Merak saat ini sudah sangat berubah dibanding pelaksanaan mudik terakhir pada tahun 2019 lalu.

Sebelumnya, pemudik asal Pulau Jawa jauh lebih banyak dibanding pemudik asal Sumatera.

"Sekarang perbandingannya empat banding enam, empat orang mudik dari Sumatera dan enam orang dari Pulau Jawa," kata Muhadjir, Kamis.

Pada tahun 2019, kata Muhadjir, pemudik dari Sumatera ini lebih banyak menggunakan bus dan sepeda motor.

"Jumlah penumpang yang naik sepeda motor saat ini berkurang, lebih banyak kendaraan roda empat, mobil pribadi," kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, hal ini berarti dapat diartikan perkembangan infrastruktur dan fasilitas perjalanan di Sumatera, khususnya Lampung sudah lebih baik.

"Berarti fasilitas yang ada di Sumatera sudah bagus dan dimanfaatkan dengan optimal seperti jalan tol. Warga Sumatera pulang kampung ke Jawa, bukan hanya warga Jawa yang pulang kampung ke Sumatera," kata Muhadjir.

Selain itu, dengan jumlah pemudik dengan sepeda motor yang berkurang, membuat beban penanganan menjadi ringan.

"Walaupun jumlah pemudik naik, namun pemudik bersepeda motor ini berkurang, lebih banyak yang mengendarai mobil dan naik bus," kata Muhadjir.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/204833778/perilaku-pemudik-berubah-menko-pmk-pengendara-motor-berkurang-lebih-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke