Salin Artikel

Pelabuhan Merak Penuh, Gerbang Tol Merak Sempat Macet 3 Km

CILEGON, KOMPAS.com - Antrean sepanjang tiga kilometer sempat terjadi di Gerbang Tol (GT) Merak, Grogol, Kota Cilegon, Banten, karena kondisi Pelabuhan Merak yang padat.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandala Sakti Uswatun Hasanah membenarkan adanya antrean kendaraan yang terjadi di Gerbang Tol Merak pada Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu (27/4/2022) pagi.

"Terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak, yang mengakibatkan ekor antrean kendaraan sampai memasuki tol Merak mulai jam 23.30 WIB," kata Uswatun kepada Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Uswatun mengatakan, kemacetan terjadi dari Km 95 sampai Gerbang Tol Merak di Km 98. Namun, antrean dapat terurai pada pukul 04.30 WIB.

"Jam 05.00 WIB sampai di Km 97, dan jam 06.00 WIB tadi sudah lancar kembali, landai," ujar Uswatun.

Pengelola jalan tol Tangerang-Merak terus melakukan koordinasi dengan PT ASDP dan kepolisian agar kemacetan cepat terurai.

Saat terjadi kemacetan di GT Merak, lanjut Uswatun, pihak kepolisan melakukan diskresi arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Polisi melakukan buka tutup di GT Merak, juga di Cikupa arah (pelabuhan) Merak," kata dia.

Uswatun mengaku, pihaknya telah memberikan imbauan kepada pengguna jalan yang menuju Pelabuhan Merak melalui Variable Message Sign (VMS) atau semacam pengumuman digital dan informasi di GT Cikupa agar memanfaatkan rest area di Km 68 A.

"Pengguna jalan juga dapat menggunakan toilet dan mushola di kantor gerbang terdekat, dan dalam keadaan emergency, kami menyediakan portable toilet di beberapa titik di jalur menuju ke Merak maupun Jakarta mulai dari Km 94," tandas Uswatun.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/27/101035278/pelabuhan-merak-penuh-gerbang-tol-merak-sempat-macet-3-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke