Salin Artikel

Menteri PUPR Sarankan Pemudik Melintasi Jalur Pansela: "Instagramable" dan Gratis

KARAWANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengingatkan masyarakat tak terpaku untuk mudik menggunakan Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Basuki menyarankan masyarakat juga bisa mudik melalui Jalur Pantai Selatan (Pansela). Ia menyebut jalur sepanjang 1.992 kilometer itu Instagramable.

"Kondisinya bagus, Instagramable, kuliner-able. Tempatnya di sana," kata Basuki usai meninjau Rest Area Kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/4/2022).

Basuki mengatakan, masyarakat Subang dan Garut misalnya jika melintasi jalur pansela bisa langsung ke Sukabumi, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Gunungkidul hingga Pacitan.

"Masyarakat dari wilayah selatan jangan gabung ke Pantura, lewat Pansela, gratis," kata Basuki.

Sementara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyarankan masyarakat menggunakan jalur alternatif untuk menghindari potensi kemacetan di jalur tol.

"Ada jalur Pantura kemudian jalur di dalam kota dan jalur selatan itu menjadi pilihan-pilihan yang juga bisa digunakan, manakala terjadi kemacetan," ujar Listyo.

Listyo menyebutkan pihaknya akan senantiasa menyampaikan informasi melalui media massa, sehingga bisa menjadi acuan bagi pemudik.

"Sehingga diharapkan bisa digunakan untuk membantu masyarakat untuk menentukan pilihan, apakah istirahat dulu ataukah masuk ke jalur alternatif, ataukah terus melanjutkan perjalanan mungkin," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/26/210601578/menteri-pupr-sarankan-pemudik-melintasi-jalur-pansela-instagramable-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke