Salin Artikel

Titik Rawan Macet di Pantura Jawa Tengah Saat Arus Mudik Lebaran 2022, Mana Saja?

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah titik rawan kemacetan di wilayah Jawa Tengah telah dipetakan untuk menghadapi puncak arus mudik Lebaran 2022.

Dinas Perhubungan Jawa Tengah telah mempersiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mengurai kepadatan arus kendaraan di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro menyebut titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan di wilayahnya.

"Potensi kemacetan terjadi di Jalan Pantura yakni Brangsong hingga Weleri tepatnya sebelum jalan lingkar Weleri. Ini disebabkan karena kapasitas jalan di Brangsong sampai Patebon rendah," kata Henggar, kepada Kompas.com, pada Senin (25/4/2022).

Selain itu, potensi kemacetan terjadi di Pasar Cepiring, sepanjang Cepiring sampai Weleri sebelum jalan lingkar dan Simpang Tiga Alas Roban. 

"Ini terjadi karena adanya crossing arus lalu lintas yang dari arah Barat akan bergerak ke jalan baru Alas Roban sehingga arus dari bawah lewat jalan Alas Roban lama akan crossing," ujar dia.

Pihaknya mengantisipasi dengan menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas dengan pemberlakuan jalan searah di jalan Alas Roban lama.

Kemudian, titik rawan kemacetan berpotensi terjadi di Exit Tol Kandeman sampai Batang karena banyaknya pusat kegiatan seperti pertokoan.

"Lalu, di Exit Tol Pasar Setono sampai simpang jalan lingkar Pekalongan yang disebabkan karena tingginya hambatan samping yakni pertokoan dan lainnya," ucap dia.

Selain itu, di ruas Wiradesa sampai Exit Tol Gandulan karena adanya Pasar Wiradesa dan kapasitas jalan yang rendah.

Selanjutnya, di Pejagan sampai Losari yang disebabkan karena kapasitas jalan yang rendah.


Sedangkan, jalur Pantura Selatan juga disebut menjadi titik rawan kemacetan seperti ruas batas Magelang hingga Purworejo atau Margoyoso karena kondisi kontur jalan yang menanjak sehingga mengakibatkan perlambatan kendaraan.

Lalu, di ruas Karanganyar Kebumen karena ada pasar dan perlintasan kereta api.

Kemudian, Simpang Tiga Gombong dan Pasar Gombong.

Sementara, jalur tengah yang berpotensi terjadi kemacetan ada di Pasar Kretek Wonosobo.

Untuk mengurai kepadatan arus kendaraan di sejumlah titik rawan kemacetan tersebut, pihaknya menyiapkan beberapa jalur alternatif.

"Untuk antisipasi kemacetan di Mangkang bisa lewat Jrakah-Boja-Kaliwungu atau Jrakah-Boja-Sukorejo-Weleri atau dari Sukorejo langsung Limpung-Batang," ungkap dia.

Pihaknya juga menyiapkan rambu lalu-lintas tambahan untuk mengarahkan pengguna jalan demi kelancaran dan keselamatan berlalu-lintas.

"Sudah disiapkan rambu disamping yang sudah terpasang akan ditambah lagi rambu yang sifatnya sementara atau portabel," ucap dia.

Selain itu, pengguna jalan juga diminta aktif memantau kondisi arus mudik melalui aplikasi Google Maps, Twitter dan YouTube Dishub Jateng. 

"Bisa ikuti Twitter Dishub Jateng yang setiap 15 menit update. Kalau untuk jalur alternatif sedang kami update nanti ada di YouTube Dishub Jateng," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/25/143237578/titik-rawan-macet-di-pantura-jawa-tengah-saat-arus-mudik-lebaran-2022-mana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke