Salin Artikel

Lebaran 2022, Pemkot Solo Berangkatkan Tiga Armada Bus Mudik Gratis

Pemberangkatan bus mudik Lebaran dilaksanakan secara simbolis dalam Apel Bersama Kesiapsiagaan Pelayanan Angkutan Lebaran Tahun 2022 di halaman Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/4/2022).

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan, ada tiga unit armada bus mudik gratis yang diberangkatkan Pemkot Solo pada Lebaran tahun ini.

Bus mudik gratis itu diharapkan bisa mengakomodasi para pekerja asal Kota Liwet yang tidak bisa mudik karena kehabisan tiket.

"Saya yakin pekerja swasta itu nggak seperti buruh, yang jam sekian hari ini sudah selesai. Tapi kalau swasta, BUMN atau apapun biasanya agak mepet. Ini akan ditampung temen-teman dari Solo," kata Teguh di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Bus mudik gratis yang diberangkatkan ke Jakarta untuk menjemput pekerja asal Solo memiliki kapasitas 50 tempat duduk.

"Syukur-syukur besok tahun depan bisa lebih. Iya, kecil ya tapi jangan dinilai itu. Tapi partisipasi pemkot kepada warga masyarakat yang ingin mudik Lebaran," ungkap dia.

Bus mudik gratis yang diberangkatkan ke Jakarta tersebut, kata dia langsung dikoordinasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Hari Prihatno mengatakan rencananya bus mudik gratis akan diberangkatkan ke Jakarta pada Rabu-Kamis (27-28/4/2022).

Kemudian bus itu tiba di Solo pada Jumat-Sabtu (29-30/4/2022).

"Bus ini hanya arus mudik satu kali perjalanan dari Jakarta semua. Itu yang memfasilitasi provinsi. Jadi Rabu atau Kamis sudah berangkat ke sana," kata dia.

Menurut Hari, bus tersebut nanti tidak hanya melayani pekerja asal Solo. Warga lain di Soloraya yang tidak bisa mudik Lebaran juga bisa mengikutinya.

"Kita menyediakan untuk warga Solo. Tapi kadang bukan warga Solo juga bisa, Soloraya. Tiba di Solo antara tanggal 29 dan 30 April 2022," ungkap Hari.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/25/114317778/lebaran-2022-pemkot-solo-berangkatkan-tiga-armada-bus-mudik-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke