Salin Artikel

Hindari Produk Kedaluwarsa, Wakil Wali Kota Palembang Minta Warga Beli Parsel Berlabel BPOM

PALEMBANG, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau kepada masyarakat untuk membeli parsel lebaran yang telah berlebel Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar mencegah adanya makanan yang telah kedaluwarsa.

"Agar terhindar dari produk yang kedaluwarsa, baiknya masyarakat membeli parsel yang sudah berlabel BPOM," kata Fitri, Rabu (20/4/2022).

Fitri menjelaskan, mendekati hari lebaran biasanya pembelian parsel dikalangan masyarakat menjadi tinggi.

Sehingga, untuk melakukan pengecekan produk yang ada didalamnya satu persatu oleh masyarakat tidak memungkinakan.

Menurut Fitri, para pengusaha parsel pun diminta untuk mencantumkan seluruh isi yang ada didalam produk yang mereka beli.

Hal tersebut untuk mencegah agar tidak ada barang yang telah kedaluwarsa atau mendekati masa penggunaan.

"Sebab, masih ada pelaku usaha yang nakal dan menyelipkan produk yang sudah tidak layak jual. Yang seperti ini akan kita tindak tegas," ujarnya.

Untuk mengantisipasi adanya kecurangan, Pemerintah Kota Palembang dan BPOM pun menggelar sidak ke seluruh tempat pembuatan parsel selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri nanti.

"Jangan sampai produk yang terdapat dalam parsel tidak memiliki label, merek, atau pun izin dari BPOM," jelasnya.

Kepala BPOM Palembang Zulkifli menambahkan, seluruh produk bahan makanan yang dijual dalam parsel akan diuji lab, sehingga bisa dipastikan bahwa makanan maupun minuman yang dijual layak konsumsi.

Sejauh ini, dari sidak yang dilakukan mereka belum menemukan adanya parsel yang dikemas telah memasuki masa kedaluwarsa.

"Kami terus mengawasi penjualan parsel. Bukan hanya parsel, produk bahan makanan yang lainnya juga kami awasi," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/20/173116978/hindari-produk-kedaluwarsa-wakil-wali-kota-palembang-minta-warga-beli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke