Salin Artikel

Terminal Tipe A Pertama di Jayapura Diresmikan

Peresmian dilakukan oleh Direktur Prasarana Transportasi Jalan Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Popik Montanasyah bersama Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano dan sejumlah pejabat Provinsi Papua.

Pertama di Papua

Terminal Tipe A yang berada di Kota Jayapura ini diklaim merupakan terminal pertama di Provinsi Papua.

Kehadiran terminal ini memberikan wajah baru bagi kemajuan kota Jayapura di Papua.

Tak hanya itu, kehadiran terminal ini memberikan dampak terhadap arus transportasi di pusat ibu kota Provinsi Papua tersebut.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Popik Montanasyah mengungkapkan bahwa ada peraturan mengenai standar pelayanan minimum.

“Bahasanya begini. Tertib, bersih dan jelas tidak kumuh. Dan ini semua orang bisa. Mau di Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara Timur dan juga di Papua,” ungkapnya.

“Betul sekali kata Pak Wali Kota tadi untuk bersama-sama menjaga ketertiban, kebersihan dan keamanan. Karena yang menjaga keamanan bukan kita sendiri, tetapi semua masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan di dalam dan luar terminal,” ucapnya.

Perawatan

Kehadiran Terminal Tipe A di Kota Jayapura ini merupakan salah satu terobosan dan langkah kemajuan bagi perkembangan Kota Jayapura sebagai ibu kota provinsi di Papua.

Menurutnya, yang paling penting diperhatikan adalah merawat sarana dan prasarana yang ada di Terminal Tipe A Kota Jayapura.

Popik mengungkapkan, perawatan terminal ini ke depan akan dibebankan pada Balai Pengelolaan Transportasi Darat Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk wilayah Papua dan Papua Barat.

“Nanti akan dijadwalkan, sehingga perawatan secara rutin dilakukan terhadap Terminal Tipe A di Kota Jayapura,” katanya.

“Terminal ini akan segera diisi, karena sudah dinilai oleh Kementerian Keuangan, sehingga harga luasan-luasan untuk usaha perekonomian di dalam terminal sangat merakyat,” ucap Popik.

Meski demikian, Popik menyatakan, siapa pun yang mengisi dengan melakukan usaha di Terminal Tipe A ini, maka harus mengutamakan ketertiban.

“Dengan syarat siapa pun yang mengisinya nanti bisa tertib, rapi dan bisa menjaga kebersihan,” ujarnya.


Bukan sekadar tempat naik turun penumpang

Popik mengatakan, kehadiran terminal tidak hanya sekadar tempat turun dan naiknya penumpang, tetapi memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat yang ada di Papua.

Oleh karena itu, kata Popik, kehadiran Terminal Tipe A ini tidak hanya menjadi sarana dan prasarana bagi angkutan umum di Kota Jayapura, tetapi mampu menjadi sarana peningkatan ekonomi bagi warga Papua.

“Konsep terminal kita sekarang bukan sekadar turun naik penumpang, tetapi semua kegiatan, baik ekonomi, sosial bisa berjalan bersama di terminal. Tentunya dengan kehadiran terminal ini, maka masyarakat akan mengalami dampak secara langsung, terutama dampak ekonomi dan sosial,” tambahnya.

Sistem online

Popik mengatakan, Terminal Tipe A memiliki keunggulan, yaitu terminal menggunakan sistem online, sehingga setiap penumpang akan terdata secara online.

“Terminal online sistem. Artinya pendataan tidak lagi kita data secara manual penumpang satu per satu, tetapi penumpang yang masuk langsung kena kamera dan datanya akan terinput dalam server secara nasional ada di Jakarta,” tuturnya.

Keberadaan terminal tipe A ini juga dilengkapi Pusat Terkontrol Lalu Lintas Kota.

“Kehadiran Pusat Terkontrol Lalu Lintas Kota tentunya ini sangat bagus. Sebagai alat bukti untuk membuktikan ketika terjadi kejadian, sehingga dapat membuktikan apakah ini terjadi atau tidak terjadi dan lain sebagainya,” ungkap Popik.

“Modernisasi terminal tanpa meninggalkan rasa terminal zaman dahulu itu tetap kita adakan di sini,” tutupnya.

Pesan Wali Kota

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengungkapkan bahwa kehadiran Terminal Tipe A ini memberikan wajah baru bagi Kota Jayapura.

“Kehadiran terminal ini akan menjadi sarana dan prasarana bagi arus transportasi umum, tetapi juga akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Jayapura,” katanya.

Oleh karena itu, Mano meminta seluruh warga di Kota Jayapura bersama-sama menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan, sehingga terminal ini tetap bersih dari sampah.

“Saya minta semua warga masyarakat, terutama pengguna jasa transportasi umum yang ada di Kota Jayapura untuk bersama-sama menjaga dan merawat terminal ini dengan tidak membuang sampah secara sembarangan,” pintanya.

Tak hanya itu, Mano meminta semua warga masyarakat menjaga keamanan dan kenyamanan di Terminal Tipe A, secara umum di Kota Jayapura.

“Mari kita menciptakan Kota Jayapura yang aman, nyaman dan damai. Menjadi kota bagi semua orang dengan tetap menjaga kenyamanan kota ini,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/20/170947578/terminal-tipe-a-pertama-di-jayapura-diresmikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke