Salin Artikel

Jelang Perayaan Paskah, Polda Jateng Terjunkan Personel Bersenjata Api dan Penjinak Bahan Peledak

Setidaknya, umat dari 3.500 gereja Kristen dan Katolik di wilayah Jawa Tengah akan melaksanakan ibadah selama perayaan Paskah.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyebut ada 24.000 personel yang bakal dilibatkan dalam pengamanan Paskah di wilayah Jawa Tengah.

"Pelibatan personel dalam tugas pengamanan Paskah disesuaikan dengan kebutuhan dan perkiraan kerawanan di tiap wilayah kota/kabupaten," kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Rabu (13/4/2022).

Ia mengatakan kepolisian sudah menyiapkan langkah terkait strategi pengamanan agar tidak kecolongan.

Salah satunya yakni personel yang diterjunkan akan dilengkapi senjata api sesuai dengan tingkat kerawanan, lokasi dan jumlah jemaat gereja.

"Tiap gereja yang mengadakan misa akan dijaga personil Polri baik terbuka maupun tertutup. Personel juga dilengkapi senjata api. Adapun aplikasinya di lapangan akan disesuaikan sesuai tingkat kerawanan, lokasi, jumlah jemaat gereja dan sebagainya," ungkapnya.

Sebelum pelaksanaan ibadah, polisi juga akan melakukan sterilisasi gereja untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan dan hal lain yang membahayakan.

"Pada yang tempat seperti Katedral dan gereja besar, sterilisasi dilakukan oleh Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Satuan Brimob dan Unit K-9. Personil juga ada yang ditempatkan di lokasi selama 1x24 jam," katanya.

Ia memastikan pengamanan perayaan Paskag akan dilaksanakan secara maksimal namun proporsional.

Selain berkoordinasi dengan TNI dan Pemda setempat, pihaknya meminta pengurus gereja untuk membentuk keamanan secara internal.

Sebab, pengamanan dari pihak gereja amat membantu untuk menyaring dan mengenali jemaah yang akan mengikuti ibadah di masing-masing gereja.

"Kita berdayakan semua potensi dari unsur aparat, gereja serta masyarakat untuk membantu agar pengamanan Paskah berjalan maksimal," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/13/220427878/jelang-perayaan-paskah-polda-jateng-terjunkan-personel-bersenjata-api-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke