Salin Artikel

Foto Warga Lampung Viral Usai Dituduh Pukuli Ade Armando, Ahli: Hati-hati Unggah Konten Isi Tuduhan

KOMPAS.com - Foto seorang warga Way Kanan, Lampung, Try Setia Budi Purwanto (26(, menjadi viral setelah disebut sebagai pelaku pemukulan Ade Armando saat kericuhan demo mahasiswa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesi (RI), Senin (11/4/2022).

Setelah ditelusuri, Budi saat kejadian itu ternyata berada di Way Kanan dan sedang menunaikan buka puasa bersama keluarganya.

Kepala Kampung (Kakam) Lembasung, Helmi Ibrahim, menjelaskan, foto yang beredar itu memang warganya bernama Budi.

“Iya benar, itu warga saya,” kata Helmi saat dihubungi, Senin (11/4/2022) malam.

Namun, kata Helmi, Budi saat insiden pemukulan Ade Armando posisinya di kampung.

“Ini orangnya ada di sini (Kampung Lembasung), sehari-hari dia pemancing ikan, sudah dua tahun enggak ke mana-mana,” kata Helmi.


Hati-hati unggah di media sosial

Menurut Direktur Eksekutif Pusat Studi Politik dan Kebijakan Strategis Indonesia (Polkasi) Stanislaus Riyanta, beredarnya foto warga Lampung yang dituduh pelaku pemukulan Ade Armando harus menjadi pelajaran bersama.

Masyarakat diminta berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi yang sifatnya tuduhan di media sosial.

"Perlu hati-hati dalam menggugah konten terutama jika menyangkut tuduhan terhadap seseorang. Jika ingin memberikan informasi yang valid dan akurat bisa dilakukan kepada penegak hukum, untuk membantu terungkapnya suatu peristiwa," katanya kepada Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Kekerasan saat demo

Sementara itu, Stanislaus juga menjelaskan terkait aksi kekerasan yang menimpa Ade Armando.

Menurutnya, dalam situasi aksi massa dengan jumlah massa yang banyak akan membuka celah pihak-pihak tertentu untuk mengacaukan jalannya aksi.

"Terbukti aksi unjuk rasa diikuti oleh kelompok non mahasiswa dan menjadi pelaku pengeroyokan terhadap AA. Ini bukan by design tetapi memang ada momentum yang akhirnya membuat peristiwa itu terjadi," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/12/140426078/foto-warga-lampung-viral-usai-dituduh-pukuli-ade-armando-ahli-hati-hati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke