Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Mobil Tiba-tiba Tersasar ke Sawah | Terbongkarnya Pencurian di Tambang Freeport

KOMPAS.com - Sebuah mobil yang ditumpangi satu keluarga tersasar ke area persawahan di Brebes, Jawa Tengah, Minggu (10/4/2022) dini hari.

Video dan cerita mobil tersesat itu diunggah oleh akun Facebook, Malih Saputra Silangkar.

Pengunggah heran, lokasi ditemukannya mobil itu sangat sulit dilintasi, bahkan untuk kendaraan roda dua.

Berita populer lainnya adalah terbongkarnya pencurian konsentrat di area tambang Freeport.

Pencurian itu dilakukan oleh lima orang, dua di antaranya merupakan karyawan perusahaan tersebut.

Kasus ini terkuak usai istri seorang pelaku memamerkan harta kekayaan di media sosial.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Senin (11/4/2022).

Mobil Daihatsu Xenia yang ditumpangi satu keluarga tersasar di area persawahan.

Lokasi itu tepatnya berada di pinggir Sungai Pemali, Dusun Kalenpandan, Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Larangan AKP Sutikno membenarkan adanya mobil yang tersesat ke persawahan.

Pemilik mobil, kata Sutikno, awalnya merasa perjalanan terasa halus seperti di jalan tol. Namun, saat tersadar, tiba-tiba mereka sudah berada di pinggir sungai.

"Peristiwa tersebut memang benar berada di jalan area persawahan menuju ke Kalibanteng Desa Pamulihan. Saat ini anggota masih mendalami peristiwa tersebut," ujarnya.

Baca selengkapnya: Pengemudi Mobil Heran, Awalnya Jalan Mulus seperti di Tol, Tiba-tiba Tersasar ke Area Sawah yang Sulit Dilewati Motor

Bermula dari istri seorang pelaku pamer harta di TikTok, pencurian konsentrat di tambang Freeport pun terkuak.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Mimika Iptu Berthu Harydika Eka Anwar mengatakan, seorang istri tersebut mengunggah kekayaan, seperti rumah, kendaraan, dan harta lainnya.

Unggahan itu menimbulkan kecurigaan karena sang suami belum lama bekerja di perusahaan tambang tersebut.

"Ada ketidakwajaran di mana suaminya bekerja belum lima tahun, namun sudah kaya, sehingga dilaporkan ke pihak manajemen Freeport," ucapnya.

Hingga akhirnya PT Freeport Indonesia melaporkan kasus ini ke polisi. Sejumlah pelaku kemudian ditangkap.

"Dari lima orang ini, ada tiga orang karyawan kontraktor Freeport termasuk satu oknum sekuriti dan dua orang lainnya murni karyawan Freeport," tuturnya.

Baca selengkapnya: Istri Tersangka Pencurian di Freeport Unggah Rumah dan Harta di TikTok, padahal Suami Belum 5 Tahun Kerja

Meski telah berusia 15 tahun, Najwa Rosyidatust Suraya bertubuh kecil. Namun, gadis asal Kota Salatiga, Jawa Tengah, itu berhenti tumbuh kembang saat berusia satu tahun.

"Baik dari tinggi badan, komunikasi, dan pikirannya tidak bertambah. Saya juga kurang tahu apa sebabnya karena tidak ada gejala apa pun saat itu," ungkap ibu Najwa, Siti Koiriah, Minggu (10/4/2022).

Upaya pengobatan sudah diupayakan oleh Siti dan suaminya, Imron. Akan tetapi, karena keterbatasan biaya, usaha tersebut pun dihentikan.

"Ada yang menyampaikan, kemungkinan saat kecil terjatuh dan kena di tulang ekor, sehingga menghambat pertumbuhannya," jelasnya.

Imron menuturkan, putrinya sangat gemar menggambar. Jika dibiarkan berkreasi, dia bisa menghabiskan satu buku gambar dalam sehari.

Baca selengkapnya: Derita Najwa, Gadis 15 Tahun Berhenti Tumbuh Kembang, Tubuh dan Pola Pikir seperti Balita

Evan Soumilena menjadi perbincangan lantaran permainannya pada ajang AFF Futsal Champonship 2022.

Di pergelaran tersebut, Evan mencatatkan delapan gol, termasuk satu gol ke gawang Thailand di laga final.

Pemain klub futsal profesional, Black Steel Manokwari, itu ternyata merupakan seorang polisi aktif berpangkat brigadir satu. Ia berdinas di Polres Mimika, Papua.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Era Adhinata mengungkapkan, Evan selalu menjalankan tugas dengan profesional saat bertugas sebagai anggota kepolisian.

"Anaknya sopan saat bertugas, baik kepada masyarakat, rekannya, dan pimpinan," bebernya, Minggu.

Baca selengkapnya: Sosok Pemain Timnas Futsal Indonesia Evan Soumilena, Dikenal sebagai Polisi yang Sopan

Lima pelaku penyerangan terhadap Dafa Adzin Albasith (18) berhasil ditangkap polisi.

Dafa merupakan anak anggota DPRD Kebumen. Ia meninggal dunia usai diserang pelaku menggunakan gir di Jalan Gedongkuning, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Kepolisian Derah (Polda) DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, lima pelaku itu diringkus pada Sabtu (9/4/2022).

"Penangkapan dilakukan siang sampai malam di tempat terpisah di rumahnya masing-masing. Ada yang sedang baru pulang dari bermain, ada yang sedang tidur-tiduran," paparnya dalam jumpa pers, Senin.

Atas perbuatannya, para pelaku bakal dijerat Pasal 353 Ayat (3) KUHP tentang penganiayaan berat berencana subsider Pasal 351 Ayat (3) tentang penganiayaan yang menyebabkan meninggal dunia.

"Penganiayaan berencana ancamannya maksimal 9 tahun dan penganiayaan berat ancamannya maksimal 7 tahun," sebutnya.

Baca selengkapnya: Pelaku Penyerangan Gir yang Tewaskan Anak Anggota DPRD Kebumen di Yogyakarta Tertangkap

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Ungaran, Dian Ade Permana; Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra; Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor: David Oliver Purba, Pythag Kurniati, Ardi Priyatno Utomo, Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/12/061500878/-populer-nusantara-mobil-tiba-tiba-tersasar-ke-sawah-terbongkarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke