Salin Artikel

Jelang Demo Mahasiswa, Gedung DPRD Kota Tasikmalaya Dipasangi Kawat Berduri

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, dijaga ketat ratusan petugas keamanan gabungan Polri dan TNI serta dipasang kawat berduri di pagar depan jelang unjukrasa mahasiswa, Senin (11/4/2022) siang.

Penjagaan ketat ini menyusul aksi demontrasi besar-besaran oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) di Jakarta dan serentak di sejumlah daerah.

Hampir seluruh bagian depan gedung dewan tersebut dipasang kawat berduri supaya menghalau mahasiswa masuk kembali ke gedung DPRD seperti saat aksi sebelumnya.

Aksi demo mahasiswa ini menuntut beberapa penolakan kebijakan pemerintah seperti kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), naiknya kebutuhan pokok termasuk minyak goreng dan wacana jabatan presiden 3 periode.

Pantauan Kompas.com sampai pukul 14.00 WIB, para pengunjuk rasa masih belum menggelar aksinya dan rencananya akan langsung bergerak ke gedung DPRD Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, seruan unjuk rasa mahasiswa secara serentak bukan hanya di Jakarta, melainkan di seluruh daerah termasuk seluruh kampus di Tasikmalaya, Jawa Barat pada Senin (11/4/2022).

Rencananya mahasiswa gabungan mengatasnamakan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tasikmalaya akan menggelar demonstrasi kembali menuntut hal sama dengan jumlah lebih banyak dibandingkan demo sebelumnya, Jumat (8/4/2022).

Seruan ajakan unjuk rasa seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat Tasikmalaya mulai ramai tersebar di media sosial lengkap dengan jadwal dan titik kumpul terpusat masih sama di gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Simpang Jati, Indihiang.

Sesuai surat pemberitahuan dari Aliansi BEM Tasikmalaya kepada Kompas.com, titik kumpul gabungan mahasiswa di Gedung Sukapura Dadaha menuju Gedung DPRD Kota Tasikmalaya mulai pukul 13.00 WIB, Senin.

Dipastikan mahasiswa Aliansi BEM Tasikmalaya tak ada yang ke Jakarta dan demo berpusat di gedung DPRD Kota Tasikmalaya.

"Besok gabungan semua elemen mahasiswa di semua kampus Tasikmalaya turun ke jalan lagi. Tuntutan masih sama dengan aksi pertama Jumat kemarin," jelas Koordinator Pusat Aliansi BEM Tasikmalaya, Rendi Rizki Sutisna, Jumat malam.

Aksi demo lanjutan ini masih sama dengan tuntutan unjuk rasa sebelumnya dan akan dilaksanakan bersamaan dengan aksi mahasiswa di Istana Negara Jakarta hari ini.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/11/145252278/jelang-demo-mahasiswa-gedung-dprd-kota-tasikmalaya-dipasangi-kawat-berduri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke