Salin Artikel

Tragedi Penyerangan Posramil Kisor, Warga yang Mengungsi Sudah Kembali

SORONG, KOMPAS.com - Komandan Kodim 1809/Maybrat Letkol Inf Herry Ismail menyebutkan, kondisi keamanan di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, berangsur aman dan kondusif pasca-penyerangan Posramil Kisor di Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, pada Kamis, 2 September 2021.

Ratusan pengungsi yang berasal dari Kampung Kisor juga sudah kembali ke kampung halaman mereka.

"Pengungsi ini sudah tidak ada karena secara alami sudah berangsur kembali. Artinya, aktivitas dari Aifat Timur kemudian Aifat Selatan sudah tidak ada pengungsi lagi," kata Herry Ismail saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/4/2022).

"Karena apa, kita lihat juga dari pihak-pihak yang berseberangan tidak ada lagi isu-isu pengungsian bisa diangkat karena pada dasarnya keluarga mereka yang di tempat mana pun baik dari hasil pantauan kami sudah kembali. Mereka pun sendiri sudah berkumpul dengan keluarga," imbuhnya.

Herry mengatakan, aktivitas warga di Kampung Kisor berangsur normal. Pada Hari Minggu, warga sudah kembali beribadah dan lalu lintas kendaraan yang masuk dari Distrik Aifat Timur dan Aifat Selatan, khususnya Kisor, sudah normal kembali.

Herry menuturkan, meski ada sebagian orang yang masih bertahan, kemungkinan anaknya masih bersekolah di ibu kota Maybrat.

"Pemulangan pengungsi sudah kita fasilitasi dengan kendaraan mobil sejak memasuki Natal dan tahun baru, hingga proses pemulangan mereka dilakukan secara bertahap hingga saat ini mereka sudah kembali berkumpul bersama keluarga mereka," kata Herry.

Tragedi penyerangan Posramil Kisor terjadi pada 2 September 2022. Serangan oleh kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) itu menyebabkan empat prajurit TNI gugur.

Ratusan masyarakat Kampung Kisor yang takut dengan kejadian itu mengungsi ke hutan dan ke ibu kota Kabupaten Maybrat.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/05/161558178/tragedi-penyerangan-posramil-kisor-warga-yang-mengungsi-sudah-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke