Salin Artikel

Usai Berjaga, Polwan Polres Salatiga Rutin Berlatih Rebana

Sejak dua minggu lalu, mereka berlatih rutin di Masjid Sunan Kalijaga setelah melakukan tugas menjaga pelaksaan shalat Jumat di beberapa masjid.

Meski baru berlatih beberapa saat, ternyata para polwan tersebut sudah menguasai beberapa lagu dan sudah pentas di acara internal Polres Salatiga.

Ada 15 polwan yang bermain rebana, lima vokal dan 10 memegang alat musik. Dengan bimbingan Muhammad Khoirun Niam, mereka berlatih sekali dalam satu minggu.

"Saya ajarkan teknik yang sederhana, kekompakan. Ternyata langsung mengerti dan sudah ada tiga lagu yang dikuasai," ungkapnya, Minggu (3/4/2022).

Sementara Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana menyampaikan. latihan rebana untuk polwan tersebut sebenarnya sudah ada, namun saat ini kembali dirutinkan.

"Sebelumnya kesenian rebana ini sudah dirintis sejak tujuh bulan lalu oleh Polres Salatiga dan tampil di HUT Polwan serta acara Kamis Religi," ungkapnya.

Saat ini, latihan kembali dirutinkan untuk menyambut Ramadhan. “Ini merupakan kegiatan positif yang kita dorong untuk para anggota polwan Polres Salatiga, terlebih saat Ramadhan,” kata Indra.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan yang positif ini, anggota polwan Polres Salatiga juga memiliki keterampilan seni religi. Sehingga selain kegiatan rutin melayani masyarakat juga meningkatkan keimanan dengan berlatih rebana. "Di bulan Ramadan

ada peristiwa penting yang selalu diperingati, seperti turunnya Alquran atau Nuzulul Quran, sehingga para polwan dapat ikut meramaikan dengan kesenian rebana," kata Indra.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/04/091437978/usai-berjaga-polwan-polres-salatiga-rutin-berlatih-rebana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke