Salin Artikel

Kapal Layar Mati Mesin di Laut Maluku, 2 WN Australia Dievakuasi Tim SAR

Dua warga negara Australia yakni Smith Warren Ashley (63) dan Mrakas Chrisropher (61) akhirnya berhasil dievakuasi tim SAR gabungan, Jumat (1/4/2022) malam.

Kepala Basarnas Ambon, Mustari mengatakan, kapal layar tersebut bertolak dari Sorong, Papua Barat dengan tujuan Australia pada 29 Maret 2022.

Namun dalam perjalanan, kapal tersebut mengalami gangguan mesin dan akhirnya terombang-ambing di laut.

“Yacht bermuatan 2 orang warga Australia ini mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Teor, Jumat sore kemarin,” kata Mustari kepada wartawan, Sabtu (2/4/2022).

Dia menjelaskan informasi kecelakaan laut itu diterima Basarnas Ambon dari profesional Guide A.N, Ponsiwus Mesak Rahwarin pada pukul 16.32 WIT.

Setelah menerima informasi tersebut, Basarnas kemudian berkoordinasi dengan unsur SAR lainnya untuk proses evakuasi kedua penumpang kapal layar.

“Setelah menerima informasi tersebut tim SAR gabungan bergerak menuju lokasi kejadian bertolak dari dermaga Tual mengunakan KN SAR Abimanyu,” katanya.


Dia mengatakan setelah tiba di lokasi, tim SAR kemudian mengevakuasi dua WN Australia yang saat itu berada di atas kapal.

Bersama kapal layar yang mati mesin itu, dua WN Australia ini dievakuasi ke Tual, Maluku Tenggara.

“Dengan dievakuasinya korban dalam keadaan selamat maka operasi pencarian dinyatakan selesai,” katanya.  

https://regional.kompas.com/read/2022/04/02/154540678/kapal-layar-mati-mesin-di-laut-maluku-2-wn-australia-dievakuasi-tim-sar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke