Salin Artikel

Siapkan Rp 4,9 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Selama Ramadhan dan Idul Fitri, BI Solo Libatkan 191 Titik Penukaran

Pembukaan layanan penukaran uang baru dilaksanakan di halaman Pasar Legi Solo dengan dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cabang Solo Nugroho Joko Prastowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan jajaran Forkopimda Solo.

Dalam acara ini juga dilakukan secara simbolis penukaran uang baru oleh masyarakat di mobil kas keliling.

KPwBI Cabang Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan, BI Solo menyediakan Rp 4,9 triliun untuk kebutuhan penukaran uang baru selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

Jumlah uang yang disediakan tersebut meningkat dari periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu yang hanya sebanyak Rp 4,3 triliun.

"Tahun lalu itu sudah meningkat tinggi karena tahun 2020 hanya Rp 3 triliun. Dari Rp 3 triliun ke Rp 4,3 triliun dan sekarang kita siapkan Rp 4,9 triliun," kata Nugroho di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Menurutnya jumlah uang yang disiapkan itu masih bisa meningkat sesuai permintaan kebutuhan masyarakat. Tidak ada pembatasan dalam penukaran uang baru.

Masyarakat bisa menukarkan uang baru sesuai dengan yang kebutuhan. Meski demikian, pihaknya akan melakukan pengaturan dalam penukaran uang baru bagi masyarakat agar merata.

"Jadi kalau kurang akan kita ambilkan dari Kantor BI Semarang dan kantor pusat (Jakarta). Tidak ada pembatasan penukaran bagi masyarakat. Supaya rata maka satu pack, satu pack untuk satu uang pecahan besok boleh lagi menukarkan uang," ungkap dia.

Nugroho mengatakan ada enam mobil kas keliling dari berbagai bank yang disiapkan untuk melayani penukaran uang baru masyarakat. Selain itu ada 191 titik lokasi penukaran uang baru.

Bahkan, pihaknya juga berencana menerjunkan mobil kas keliling ke lokasi sentra vaksinasi agar masyarakat bisa menukarkan uang baru di lokasi tersebut.

"Nanti kita atur jadwalnya keliling ke pasar. Tadi ada ide bagus dari Mas Wali sentra vaksin kita sediakan. Nanti kita selaraskan, kita atur prosesnya, pengawasannya, dan pengamannya kita tingkatkan," tandas dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendukung langkah BI Solo yang membuka layanan penukaran uang baru bagi masyarakat dengan menerjunkan mobil kas keliling di pasar tradisional.

Bahkan, dirinya mengusulkan agar sentra vaksinasi juga disediakan mobil kas keliling untuk layanan penukaran uang baru.

"Mungkin nanti ada acara vaksinasi misalnya Pak Dandim, Pak Kapolresta dan Dinkes mobilnya kita kerahkan juga. Jadi vaksin sama menukarkan uang," kata Gibran.

Menurut Gibran pelayanan penukaran uang baru di mobil kas keliling sangat cepat. Dirinya berkesempatan ikut menukarkan uang baru pecahan Rp 5.000.

Gibran sengaja ikut menukarkan uang baru pecahan Rp 5.000 untuk kebutuhan parkir.

"Layanannya cepat, apalagi tadi pakai Qris. Tadi saya tukar pecahan uang baru Rp 5.000 untuk parkir," terang Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/01/182923978/siapkan-rp-49-triliun-untuk-kebutuhan-masyarakat-selama-ramadhan-dan-idul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke