Salin Artikel

Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Cilacap Merangkak Naik

Meski demikian, terdapat beberapa kebutuhan pokok yang harganya mulai merangkak naik sejak sepekan terakhir.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Cilacap Umar Said mengungkapkan, harga kebutuhan pokok yang naik yaitu daging ayam, telur ayam, dan gula pasir.

"Harga relatif stabil, hanya ada beberapa yang mengalami kenaikan dan kenaikannya masih wajar atau tipis dibandingkan dengan minggu lalu," kata Umar kepada wartawan, Kamis (31/3/2022).

Saat ini harga daging ayam Rp 37.000 per kilogram, telur ayam Rp 25.000 per kilogram dan gula pasir Rp 14.000 per kilogram.

Harga tersebut lebih tinggi dibanding harga acuan daging ayam Rp 35.000 per kilogram, telur ayam Rp 24.000 per kilogram dan gula pasir sebesar Rp 12.500 per kilogram kualitas medium.

Menurut Umar, kenaikan harga daging ayam dan telur ayam akibat permintaan yang meningkat seiring dengan berubahnya pola konsumsi masyarakat pada bulan Ramadhan.

Sedangkan untuk kenaikan harga gula pasir, kata Umar, bukan karena momen bulan Ramadhan. Namun karena stok di gudang produsen berkurang dan juga belum masuk masa panen tebu.

Umar memastikan, ketersediaan kebutuhan pokok dalam kondisi aman dan dapat mencukupi kebutuhan selama Ramadhan hingga Idulfitri mendatang.

Terkait kelangkaan minyak goreng curah, kata Umar, saat ini sedang dalam tahap penataan dan penyusunan jaringan distribusi.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan tersedia banyak di pasaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/01/105958078/jelang-ramadhan-harga-kebutuhan-pokok-di-cilacap-merangkak-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke